Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Hindari 5 Kebiasaan ini Karena Bisa Jadi Pemicu Asam Lambung Naik

Hindari 5 Kebiasaan ini Karena Bisa Jadi Pemicu Asam Lambung Naik

RANCAH POST – Perlu Anda ketahui, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi pemicu asam lambung naik yang harus diwaspadai.

Asam lambung naik memang menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda.

Penyakit asam lambung bisa terjadi pada saat asam lambung naik ke saluran yang menghubungkan mulut dan kerongkongan.

Biasanya orang yang mengidap asam lambung naik bisa mengalami beberapa gejala seperti rasa terbakar di dada, nyeri ulu hati, rasa asam di mulut, hingga mual.

Tentu saja, pengidap akan merasakan tidak nyaman dan akan mengganggu berbagai aktivitas yang biasa mereka lakukan setiap harinya.

Jika terus dibiarkan mungkin hal ini akan terus berlanjut dan bisa membuat pekerjaan Anda terbengkalai.

Orang yang berisiko tinggi mengalami kondisi ini adalah orang lanjut usia, wanita hamil, hingga mereka yang memiliki kelebihan berat badan alias obesitas.

Sebagian orang mungkin mengira kalau asam lambung naik itu penyebabnya karena telat makan.

Namun nyatanya, ada beberapa kebiasaan lain yang bisa memicu kondisi ini terjadi. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Pemicu Asam Lambung Naik

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan asam lambung naik.

Setelah makan langsung tiduran

Meski sepele, tiduran setelah makan ternyata tidak dianjurkan karena bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Tak dapat dipungkiri, setelah makan memang beberapa orang akan merasa kantuk dan ingin rebahan. Namun, mulai sekarang hindari kebiasaan itu.

Tidur atau rebahan usai makan dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan lambung, apalagi kalau makanan yang Anda konsumsi dalam porsi banyak.

Minum minuman bersoda terlalu sering

Kebiasaan pemicu asam lambung naik selanjutnya adalah minum minuman bersoda. Ketika meminum minuman bersoda memang bisa menimbulkan sensasi segar sekaligus bisa membuat perut kembung.

Hal tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Untuk itu, minuman yang satu ini sebaiknya dibatasi atau bahkan tidak diminum bagi Anda yang mempunyai masalah lambung.

Merokok

Kebiasaan yang menyebabkan asam lambung naik yang satu ini mungkin sering dilakukan, khususnya oleh kaum pria.

Tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan, kandungan yang ada di dalam asap rokok juga bisa berpengaruh terhadap organ pencernaan.

Ketika mencapai lambung, iritasi pun akan terjadi di dinding bagian lambung. Lalu, lambung pun memproduksi asam dengan jumlah yang lebih banyak.

Asam lambung ini akhirnya naik ke kerongkongan yang menyebabkan munculnya sensasi seperti terbakar.

Kebanyakan konsumsi alkohol

Selain merokok, mengkonsumsi alkohol juga bisa menjadi pemicu asam lambung naik. Alkohol bisa membuat kendur esophageal sphincter bagian bawah, otot sebagai pembantu isi perut tetap berada di dalam perut.

Mukosa di dinding lambung bisa terkikis akibat alkohol serta membuat dindin lambung rentan terhadap asam lambung, walau sedang dalam kondisi normal.

Mengkonsumsi hidangan berlemak atau digoreng

Penyebab asam lambung naik bisa juga karena mengkonsumsi makanan berlemak atau yang digoreng.

Makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung ini karena tubuh lebih lama mencernanya dibandingkan dengan makanan lain. Alhasil, lambung pun akan memproduksi asam lebih banyak.

Makanan yang mengandung lemak tinggi juga memberikan efek relaksasi pada singter esofagus, sehingga membuat otot ini terbuka serta beberapa asam tambahan dapat bocor ke kerongkongan.

Bagaimana, apakah Anda sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut? Jika memiliki masalah lambung sebaiknya hindari kebiasaan tersebut agar tidak menjadi pemicu asam lambung naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan