Rabu, April 8, 2020

Waspada! Ini Dia Faktor-faktor Penyebab Obesitas

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab obesitas pada seseorang, ternyata tak hanya faktor makanan saja, tapi juga gaya hidup. Obesitas adalah kelebihan berat badan yang diakibatkan penimbunan lemak tubuh yang terlalu berlebih.

Tentu saja penimbunan lemak ini dapat membuat berat badan seseorang jauh di atas normal dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan dapat mengidap beberapa penyakit yang serius. Seperti tekanan darah tinggi, diabetes, masalah persendian, pernapasan, jantung, bahkan kanker.

Sungguh mengerikan bukan, teman-teman? Untuk itu, kalian harus mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Penyebab Obesitas

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan pada seseorang.

Faktor genetik

Yang paling pertama adalah faktor genetik. Karena memang faktor genetik atau keturuanan ini dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Bahkan, menjadi salah satu satu komponen terbesar sebagai pemicu obesitas. Anak yang terlahir dari orang tua penderita obesitas dapat berisiko mengalami hal yang sama.

Namun, bukan berarti faktor genetik sepenuhnya menjadi penentu seseorang obesitas. Faktor penting lainnya adalah makanan yang dikonsumsi berdampak lebih besar.

Maka dari itu, meski memiliki orang tua pengidap obesitas, Anda mungkin saja tidak akan mengalami hal yang sama jika menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Sebaliknya, jika tidak memperhatikannya dengan baik, obesitas dapat kapan saja mengintaimu.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab obesitas yang selanjutnya bisa diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Berat badan seseorang bisa terus bertambah merupakan salah satu efek samping yang kerap terdapat dalam obat-obatan yang dikonsumsi tanpa resep dokter.

Untuk itu, bijaklah dalam mengkonsumsi obat-obatan tertentu jangan sampai malah membuat berat badan Anda meningkat jauh di atas normal.

Pola makan

Sedari awal sudah ditekankan kalau pola makan yang tidak sehat adalah faktor utama dan memiliki peranan cukup penting yang menyebabkan obesitas.

Karbohidrat, protein, dan lemak jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang berakhir pada kegemukan. Makanan yang diawetkan serta asupan tinggi gula juga bisa membuat berat badan meningkat jauh di atas normal.

Junk food bisa menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung gula, garam, minyak dan lemak yang tinggi hingga menyebabkan obesitas.

Meski rasanya nikmat dan banyak digemari orang, namun makanan ini dapat menumpukkan banyak kalori dan lemak di dalam tubuh. Jika demikian, kenaikan berat badan akan Anda alami hingga pada akhirnya memicu timbulnya obesitas.

Malas olahraga

Malas berolahraga dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik dapat menjadi penyebab obesitas terjadi. Malas berolahraga dapat membuat metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lambat.

Hal ini dapat mengakibatkan kalori banyak tertumpuk di dalam tubuh. Bahkan, aktivitas fisik yang minim dilakukan juga dapat menjadi pengaruh pada kinerja hormon insulin dalam tubuh. Ketika kadar insulin dalam tubuh tak stabil, hal tersebut erat kaitannya dengan peningkatan berat badan.

Kurang istirahat

Efek kurang tidur ternyata tak hanya berdampak buruk bagi kecantikan, namun juga bagi kesehatan tubuh Anda. Kurangnya istirahat dan kurang tidur menimbulkan risiko obesitas akan menyerang menjadi dua kali lipat dari sebelumnya.

Secara signifikan waktu tidur yang kurang cukup dapat meningkatkan risiko obesitas pada orang dewasa maupun anak-anak.

Kurang tidur dapat menjadi penyebab obesitas melalui nafsu makan yang meningkat yang diakibatkan dari perubahan hormonal.

Apabila waktu tidur yang kurang berkualitas, tubuh akan menghasilkan hormon yang merangsang nafsu makan. Maka dari itu, lebih perhatikan lagi waktu tidur Anda agar bisa terhindar dari obesitas.

Beberapa penyebab seseorang bisa mengalami obesitas sudah kami jelaskan, tunggu apalagi segeralah perbaiki gaya hidup Anda untuk beralih menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara tertaur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,876FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan