RANCAH POST Waspada! Minuman berkarbonasi berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Apabila Anda haus, minuman bersoda memang terlihat sangat menggiurkan dan cocok untuk pelepas dahaga. Tetapi tahukah Anda bahwa minuman soda tidak bagus untuk kesehatan Anda?

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai minuman bersoda dan juga kesehatan Anda.

Masalah gigi
Karbon dioksida merupakan gas yang dipakai untuk membuat gelembung pada minuman bersoda, yang akan juga menimbulkan asam karbonat saat dilarutkan di dalam air. Masalah ini akan semakin buruk apabila Anda menambahkan irisan asam lemon atau jeruk nipis ke dalam minuman Anda.

Kadar garam yang membuat Anda haus
Beberapa air bersoda mempunyai jumlah garam yang signifikan. Terlalu banyak garam dapat meningkatan tekanan darah, yang bisa berkontribusi pada penyakit jantung. Garam dapat menjadikan Anda semakin haus. Apabila Anda minum air yang mempunyai kandungan garam yang cukup signifikan, Anda akan merasa sangat haus dibandingkan jika Anda minum air biasa, dan menginginkan untuk minum lebih dari itu dan pastinya akan meningkatkan asupan garam ke tubuh Anda.

Gelembung membuat lemak perut Anda
Karbonasi dalam air soda bisa menjadikan gas tambahan di dalam sistem pencernaan Anda, yang bisa menimbulkan sendawa, dan perut kembung. Hal ini akan membuat Anda sangat tidak nyaman. Bahkan dapat merugikan untuk penderita irritable bowel syndrome (IBS), yang mempunyai gejala seperti perut kembung, sakit perut, sembelit, diare dan angin.

Menimbulkan rasa panas dalam perut
Mulas, disebut juga dengan asam refluks, terjadi saat cincin otot antara perut dan juga kerongkongan, yang disebut sebagai sfingter esofagus, mengalami sedikit kelainan fungsi, yang mengakibatkan isi asam lambung dimuntahkan sampai ke kerongkongan, menciptakan sensasi terbakar yang sangat menyakitkan di bagian dada dan perut.

Air dengan gula tambahan
Penjualan air soda yang memiliki aroma naik 11 persen pada tahun lalu. Namun, jika Anda salah satu penggemarnya, berhati-hatilah. Walaupun disebutkan bahwa minuman tersebut mengandung buah segar atau air yang alami, beberapa minuman soda yang memiliki rasa mengandung kandungan yang hampir sama dengan gula cola. Hal ini juga dapat mengubah cara otot-otot kita memanfaatkan makanan sebagai bahan bakar.

Itulah beberapa masalah yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan jika Anda terlalu sering mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply