Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

RANCAH POST – Meski terbilang sederhana, merendam kaki dengan air garam ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Apakah Anda mengetahuinya?

Orang-orang tertarik dengan aktivitas merendam kaki dengan air garam sebagai bentuk refleksi dan pengobatan alternatif.

Air hangat bisa membuat respons sel darah putih meningkat, serta meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Air hangat yang dicampurkan dengan air garam diyakini bisa meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh.

Fagosit ini berfungsi untuk menghancurkan kotoran dan melakukan pembuangan racun serta zat sisa pada darah.

Garam espom merupakan salah garam yang bisa digunakan karena mengandung mangenisum sulfat. Magnesium sulfat bisa memproduksi energi, redakan nyeri otot,dan meringankan peradangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat merendam kaki menggunakan air garam untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Cegah insomnia

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab susah tidur alias insomnia, bisa karena pengaruh obat-obatan, kondisi kesehatan mental dan masih banyak yang lainnya.

Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia, merendam kaki dengan air garam bisa menjadi solusinya.

Cobalah untuk merendam kaki dengan air garam setelah Anda lelah melakukan kegaiatan seharian. Merendam kaki dengan air garam punya manfaat untuk memperlancar airan darah pada kaki.

Dengan begitu, tubuh dapat terbantu untuk meleksasaikan otot-otot, terciptanya rasa nyaman, serta mengatasi ketegangan.

Kebersihan kaki jadi terawat

Merendam kaki dengan air garam sebelum memotong kuku bisa Anda lakukan, khsusunya bagi mereka yang memiliki kuku kaki yang tebal serta susah dipotong.

Cara ini bisa membaut kebersihan dan kesehatan kuku kaki tetap terawat. Akan tetapi, agar kuku kaki benar-benar terjaga kesehatannya, Anda juga jangan lupa untuk memotongnya secara rutin dan memakai sepatu yang tepat.

Atasi bau kaki

Khasiat merendam kaki dengan air garam selanjutnya adalah bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau kaki yang menyengat.

Bau kaki memang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang dan cukup membuat mereka terganggu dengan aroma tak sedap yang muncul.

Penyebab bau kaki bisa terjadi karena memakai sepatu seharian yang membuat kondisi kaki jadi lembap.

Alhasil bakteri penyebab bau akan berkembang biak pada kaki Anda yang lembab. Untuk itu, rendamlah kaki dengan air garam selama 10-20 menit.

Bantu atasi infeksi jamur pada kaki

Infeksi jamur pada kaki seringkali disepelekan oleh beberapa orang, namun sebaiknya segera atasi hal ini karena bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tak hanya itu, infeksi jamur pada kaki yang terus dibiarkan bisa menimbulkan penyakit lain yang tentunya berbahaya untuk kesehatan.

Ketika infeksi jamur terjadi, penderita umumnya akan merasakan, gatal, perih, kulit yang lecet atau mengelupas, hingga melepuh.

Cara mengatasi jamur pada kaki dengan air garam sangat mudah, larutkan 1/2 sendok garam dengan air hangat, lalu rendamlah kaki selama kurang lebih 20 menit.

Atasi kaki pecah-pecah

Cara mengatasi kaki pecah-pecah bisa dilakukan dengan menggunakan air garam. Tidak hanya mengatasi kaki pecah-pecah, merendam kaki dengan air garam juga memiliki manfaat untuk membuat kaki menjadi lembut.

Seperti yang sudah kita ketahui, memiliki masalah kaki pecah-pecah memang membuat kita kurang percaya diri, terutama wanita yang kerap menggunakan high heels saat beraktivitas.

Nah, itu dia 5 manfaat merendam kaki dengan air garam. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,169FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan