Senin, 21 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Penyebab Seseorang Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab Seseorang Susah Tidur di Malam Hari

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang susah sekali tidur di malam hari. Mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga faktor usia.

Berbagai aktivitas yang dilakukan pada siang hari tentu akan membuat kita merasa sangat lelah dan butuh waktu untuk beristirahat.

Dengan beristirahat dan memiliki waktu tidur yang cukup pada malam hari memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan membuat kita kembali fit menjalani aktivitas keesokan harinya.

Akan tetapi, beberapa orang sering kali tak bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas yang disebabkan oleh kesulitan tidur atau biasa disebut sebagai insomnia.

Berbagai cara mengatasi insomnia sering dilakukan bagi mereka yang ingin tidur dengan mudah tanpa harus kesulitan.

Karena memang kesulitan tidur itu dapat membuat seseorang merasa kesal dan mengganggu mereka. Jika terus menerus, insomnia dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Selain menggunakan cara-cara untuk mengatasinya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab susah tidur malam hari.

Jika belum mengetahuinya, tak perlu khawatir karena di artikel kali ini kami akan menyajikannya untuk Anda. Mungkin saja beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering Anda lakukan dan menyebabkan insomnia terjadi.

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan seseorang kesulitan tidur lelap di malam hari.

Stres

Stres dapat menyerang Anda jika memiliki banyak sekali beban pikiran yang begitu menganggu. Karena memang tak sedikit juga orang yang mengalami stres kesusahan ketika tertidur.

Untuk meringankan stres dan beban pikiran yang Anda rasakan, cobalah untuk mengontrol rasa stres itu sendiri, setelah itu barulah mencoba melakukan kegiatan yang bisa membuat tenang diri Anda.

Efek obat-obatan yang Anda konsumsi

Mengonsumsi obat-obatan yang memang diperlukan untuk mengobati tubuh yang mengidap penyakit tertentu memang tak dapat dihindari. Tapi terkadang, obat tersebut memiliki efek samping hingga menjadi penyebab sulit tidur malam hari dengan nyenyak.

Akan tetapi, hal itu tidak selamanya, dengan seiring berjalannya waktu dan tubuh Anda sudah mulai membaik dan sudah bisa berhenti mengonsumsi obat, otomatis waktu tidur yang berkualitas akan Anda rasakan serta bisa tidur dengan nyenyak.

Kamar Anda kurang nyaman

Bagaimana kondisi di kamar Anda? Apakah sangat rapi dan nyaman? Karena penyebab seseorang susah tidur di malam hari adalah kondisi kamar yang kurang nyaman.

Kenyamanan yang kurang tersebut salah satunya bisa dikarenakan oleh suhu yang kurang stabil, terlalu panas atau terlalu dingin dan biasanya tubuh akan merespons karena merasa kurang nyaman.

Untuk itu, pastikan kamar Anda memiliki suhu yang pas, ruangannya rapi dan bersih agar bebas dari serangga yang menyukai tempat-tempat kotor.

Tidur siang terlalu lama

Memiliki waktu luang pada siang hari bagi beberapa orang sering dimanfaatkan untuk istirahat makan siang dan tidur. Namun ternyata, tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan susah tidur di malam hari.

Minum-minuman berkafein terlau banyak

Kopi dan teh merupakan dua jenis minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein memiliki efek membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan terjaga.

Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman tinggi kafein pun sering disebut sebagai penyebab seseorang susah tidur di malam hari. Minum-minuman berkafein memang ada manfaatnya, tapi jika sudah menganggu waktu tidur Anda, sebaiknya kurangi jumlah ketika mengonsumsinya.

Faktor usia

Faktor usia sering menyebabkan orang-orang yang sudah lanjut usia kesulitan tidur di malam hari. Karena seakin bertambah usia, semakin tinggi pula kemungkinan seseorang kesusahan tidur.

Suara bising

Sebagian orang bisa tidur nyenyak meskipun suara bising terus terdengar, namun hal itu mungkin berbeda bagi Anda. Hal tersebut wajah-wajar saja karena banyak juga yang mengalami hal yang sama.

Agar bisa tertidur dengan nyenyak, cobalah untuk mematikan TV atau radio, atau memilih kamar yang jauh dari sumber kebisingan, misalnya jalan raya yang sering dilalui kendaraan.

Mempunyai gangguan kesehatan

Penyebab susah tidur di malam hari yang selanjutnya adalah seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti kanker, gangguan pencernaan, kantung kemih dan lain sebagainya yang dapat Anda merasa kurang nyaman.

Memiliki waktu tidur yang tidak teratur

Bukan hanya usia lanjut, bagi Anda yang masih muda pun bisa sulit tidur jika memiliki jam tidur yang tidak teratur. Jam tidur yang tidur teratur disebabkan oleh kebiasaan menunda waktu tidur yang sering dilakukan hingga merusak waktu tidur Anda, seperti asyik menonton televisi, main ponsel dan kegiatan lainnya.

Demikian beberapa penyebab yang membuat Anda susah tidur di malam hari. Sudah tahu penyebabnya, kini Anda harus menghindari hal-hal tadi agar bisa tidur dengan nyenyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,983FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan