Sabtu, Desember 5, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Punya Rasa yang Khas, Inilah Beragam Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh

Punya Rasa yang Khas, Inilah Beragam Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh

RANCAH POST – Durian menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang karena dagingnya yang lembut serta rasanya yang khas dan unik. Namun, tahukah Anda jika durian memiliki manfaat bagi tubuh?

Tak heran, jika musim durian merupakan momen yang banyak dinantikan oleh para pecintanya, mungkin termasuk Anda.

Ketika musim durian, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan pedagang yang membuka lapak dadakan di pinggir jalan untuk menjual buah yang mendapat julukan rajanya buah ini.

Kendati banyak digemari, tak sedikit juga yang kurang menyukai durian karena memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat.

Namun, Anda perlu mengetahui jika durian memiliki manfaat yang luar biasa dengan kandungan vitamin serta mineral di dalamnya.

Bahkan durian bisa mencegah beberapa penyakit kronis. Lalu, apa saja manfaat dari buah durin ini? Di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Manfaat Durian Bagi Tubuh

Seperti dilansir dari beberapa sumber di internet, berikut ini beragam manfaat buah durian yang wajib Anda ketahui.

Jaga kesehatan jantung

Siapa sangka, manfaat buah durian ternyata baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena serat yang terkandung di dalamnya.

Kandungan serat membantu membuat jumlah kolesterol dalam darah berkurang dengan membuang kolesterol jahat dari tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat buah durian bagi tubuh selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang.

Hal tersebut karena kandungan magneisum, potasium, mangan, dan temaga yang berperan integral untuk menjaga kekutana dan daya tahan tulang.

Meningkatkan energi

Khasiat buah durian bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa meningkatkan energi. Hal ini karena kandungan karbohidrat di dalamnya.

Ketika kita mengkonsumsi durian, energi yang hilang bisa terbantu untuk terisi kembali. Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna karbohidrat kompleks, memicu kontraksi otot yang memberikan energi yang tahan lama bagi tubuh.

Selain itu, kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi stres, kecemasan mental hingga kelelahan.

Cegah penyakit kanker

Manfaat makan buah durian secukupnya dan tidak berlebihan bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu mencegah penyakit kanker.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa membuat tubuh terlindung dari serangan radikal bebas penyebab penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Atasi disfungsi seksual

Khusus bagi pasangan yang sudah menikah, manfaat buah durian yang satu wajib untuk diketahui.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa durian berperan sebagai afrodisiak. Afrodisiak adalah zat kimia yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan gairah seksual.

Durian juga diyakini bisa meningkatkan libido dan stamina seksual. Kendati demikian, khasiat durian ini masih belum divalidasi secara ilmiah.

Bantu atasi insomnia

Manfaat buah durian bagi kesehatan kesehatan tubuh ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi insomnia atau susah tidur.

Buah durian memiliki kandungan asam amino esensial triptopan. Triptofan diubah jadi melantonin (hormon sebagai pengendali siklus tidur).

Menurut sebuah studi penelitian yang diterbitkan jurnal peer-review Medicine, triptofan berpotensi membantu membuat gangguan tidur jangka pendek berkurang.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah durian beperan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh dapat terlindungi dari pengaruh berbahaya dari lingkungan.

Selain itu, vitamin C juga bagus untuk melawan merangsang penyembuhan luka, meningkatkan aliran darah, dan melawan flu.

Demikian beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh, kendati bermanfaat sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini terlalu sering dan berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here