Selasa, 29 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ternyata 6 Jenis Sayur dan Buah ini Bisa Cegah Penyakit Kanker

Ternyata 6 Jenis Sayur dan Buah ini Bisa Cegah Penyakit Kanker

Berita Gaya Hidup, RANCAH POST РKesehatan itu mahal harganya dan akan lebih mahal lagi jika penyakit sudah dialami. Untuk itu kita harus selalu mencegah dan memerangi penyakit. Penyakit yang mematikan bisa kapan saja menyerang tubuh, salah satunya kanker.

Kanker dapat menyerang semua bagian tubuh manusia, mulai dari mata, hidung, paru-paru, payudara, sampai otak. Penyebab utama kanker adalah perubahan genetik pada sel, hal ini akan membuat sel menjadi abnormal.

Faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda, tergantung pada jenis kankernya. Meski demikian, tak ada jenis kanker yang spesifik hanya dipicu oleh satu faktor.

Gejala yang timbul karena kanker juga bervariasi, tergantung jenis dan orang tubuh mana yang terkena kanker. Beberapa gejala yang dialami penderita kanker seperti munculnya benjolan, nyeri di salah satu bagian tubuh, pucat, lemas, cepat lelah dan lainnya.

Publik tengah berduka dengan kehilangan salah satu artis, Agung Hercules yang meninggal dunia lantaran mengidap penyakit kanker otak. Diketahui pria bertubuh kekar ini mengidap Glioblastoma, tumor otak ganas atau kanker otak.

Untuk menghidari kejadian serupa, kita harus terbiasa mengkonsumsi makan dan minum sehat karena bisa menjadi satu cara tindakan pencegahan.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak sumber dan zat yang dapat melawan tumbuhnya kanker.

Makanan Pencegah Kanker

Berikut ini beberapa makanan dari jenis buah dan sayur yang bisa mencegah tumbuhnya kanker.

Tomat

Selain enak rasanya, tomat juga dikenal dapat mencegah sel kanker dengan baik. Kandungan senyawa likopen sebagai zat anti inflamasi antioksidan dan mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh Anda.

Anda bisa mengkonsumsi tomat secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi campuran pada masakan dan dibuat jus sebagai minuman.

Apel

Apel banyak digemari karena rasanya yang enak dan buah kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan zat radikal bebas. Disarankan mengonsumsi apel secara langsung, tanpa proses olahan.

Kunyit

Kunyit adalah jenit rempah-rempah tradisional yang mengandung antioksidan tinggi. Kandugan senyawa yang dimiliki kunyit dapat mencegah proses peradangan yang sering memicu tumbuhnya sel kanker dalam otak.

Cara mengonsumsi kunyit sangat mudah Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Dapat dicampurkan menjadi bumbu masakan atau mengolahnya jadi minuman.

Nanas

Buah Nanas ini memang lezat saat dimakan, karena rasanya yang agak masam sungguh menyegarkan jika dikonumsi saat cuaca panas. Tak hanya itu kandunga zat antikarsinogenik yang pada nanas ternyata dapat melawan sel kanker berkembang biak.

Zat ini juga dapat melindungi sel-sel sehat dalam tubuh agar tidak terjadi kerusakan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas juga merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker.

Bayam

Sayuran bayam ini memang mengandung banyak manfaat yang berdampak baik bagi tubuh. Bayam ternyata dapat melemahkan sel kanker dalam tubuh hingga membunuhnya.

Mengkonsumsi bayam ini memang sangat beragam caranya, Anda bisa membuat sayur bening atau juga bisa dimakan langsung sebagai salad.

Brokoli

Kandungan senyawa sulforaphane yang dimiliki brokoli, senyawa tersebut telah terbukti dapat menyebabkan kematian sel tumor dan mengurangi ukuran tumor.

Asupan lebih tinggi dari sayuran silangan ini juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker menjadi yang lebih rendah.

BACA JUGA: 4 Makanan Sehat Tapi Berbahaya bila Dimakan Mentah

Itulah beberapa makanan dari jenis buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi agar terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan