Cara mengatasi susah tidur saat haid sangat penting untuk diketahui. Karena susah tidur merupakan salah satu masalah yang sering dialami wanita ketika sedang menstruasi selain sakit perut, dan jerawat.

Jika terus dibiarkan begitu saja, akibat susah tidur bisa berdampak pada kondisi kesehatan tubuh Anda. Sulit tidur dapat membuat waktu tidur Anda berkurang, karena hanya bisa tertidur beberapa jam saja.

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kurang tidur juga berdampak pada kecantikan seperti menimbulkan mata panda, kulit keriput, jerawat semakin parah, rambut rontok dan lan-lain.

Tentu saja susah tidur atau insomnia yang Anda alami saat menstruasi harus segara diatasi. Insomnia saat haid ternyata merupakan gejala dari pmremenstruation syndrome (PMS), yang terjadi akibat hormon yang berubah ketika haid.

Selain itu, keluhan seperti sakit perut saat menstruasi berlangsung bisa membuat tidur Anda kurang nyenyak, bahkan sampai ada yang sulit tertidur.

Agar tidak lagi mengeluh karena selalu mengalami sulit tidur saat menstruasi, kali ini Rancah Post punya solusinya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Haid

Langsung saja berikut ini beberapa cara mengatasi sulit tidur ketika menstruasi.

Aturlah suhu ruangan yang tepat

Suhu ruangan yang tepat, tidak terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat tidur Anda nyenyak. Karena suhu ruangan dapat memberikan pengaruh pada kualitas tidur Anda.

Tidak hanya selama menstruasi berlangsung, namun mengatur suhu ruangan yang tepat bisa Anda lakukan setiap hari. Tidur yang berkualitas dapat membuat Anda bangun di pagi hari dengan semangat.

Posisi tidur harus nyaman

Cara mengatasi susah tidur saat haid bisa dengan mengatur posisi tidur, carilah posisi tidur yang bisa membuat dirimu merasa nyaman.

Selama haid, tak sedikit wanita yang mengeluh karena merasakan sakit di bagian otot dan kram perut yang mengganggu waktu tidur di malam hari.

Untuk mengatasi rasa sakit ketika haid, cobalah untuk mencari posisi tidur yang nyaman, bisa tidur dengan posisi menyamping.

Melansir dari halodoc.com, posisi tidur yang bisa mengurangi rasa nyeri adalah fetal position atau posisi tidur janin.

Artinya Anda bisa tidur dengan posisi meringkuk layaknya janin. Posisi tidur tersebut bisa membuat otot lebih rileks, ketegangan akibat kram pun dapat berkurang.

Olahraga

Cara mengatasi susah tidur saat haid selanjutnya adalah dengan tetap aktif bergerak seperti melakukan olahraga.

Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa sedikit mengurangi kembung dan kram akibat haid.

Namun Anda juga tetap harus memperhatikan olahrga seperti apa yang dilakukan. Usahakan untuk jangan melalukan olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti yoga, dan senam.

Hindari alkohol dan kafein

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol, usahakan mulai sekarang untuk menghindarinya atau setidaknya dikurangi agar tidur bisa nyenyak.

Selain alkohol, disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi kafein sebelum tidur. Beberapa minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan teh.

Kafein dapat memberikan pengaruh terhadap produksi hormon tidur melatonin dalam tubuh, sehingga bisa membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam.

Lebih baik beralih saja untuk meminum air putih yang lebih sehat. Manfaat air putih bisa mengisi kembali cairan tubuh setelah beraktivitas seharian, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Pilih makanan yang tepat

Cara mengatasi susah tidur saat haid selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat. Makanan yang tepat bisa mencegah kembung, kram, pusing ketika menstruasi.

Beberapa makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan salmon, biji-bijian, kacang-kacangan dan lainnya bisa membantu tubuh dalam menyeimbangkan hormon, kadar gula darah jadi stabil, dan terhindar dari insulin yang melonjak saat haid.

Itu dia teman-teman, beberapa cara mengatasi susah tidur saat haid sudah kami jelaskan. Jika ada keluhan yang sangat mengganggu segera periksakan ke dokter.

Share.

Leave A Reply