RANCAH POST – Jika anda ingin menjaga kesehatan jantung sanagatlah gampang. Anda bisa menggunakan cara-cara yang simple dan sederhana. Para dokter ahli jantung memiliki sejumlah tips sederhana yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan jantung.

Tertawa Setiap Hari
Jennifer H. Mieres, M. D. (clinical nuclear cardiologist) dari North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York memiliki tips untuk selalu tertawa setiap hari. Tertawa setiap hari bisa menurunkan tekanan darah. Menonton film komedi atau mendengarkan lagu-lagu ceria juga bisa dijadikan cara untuk menjaga kesehatan jantung.

Cari Waktu untuk Bersantai
Jantung wanita mengatur stres dengan cara yang berbeda dari jantung pria. Maja Zaric, M.D., (WH advisor dan interventional cardiologist) dari Lenox Hill Hospital di New York City memberi tips agar Anda selalu proaktif untuk bersantai atau mendapatkan waktu istirahat. Misalnya, Anda bisa cari waktu untuk mengobrol atau bersantai dengan sahabat-sahabat Anda tanpa harus terganggu dengan pekerjaan atau kesibukan lainnya.

Makan Sayur dan Buah Setiap Hari
Patricia Vassallo, M.D. (cardiologist) dari Northwestern Memorial Hospital di Chicago mengungkapkan bahwa keluarganya memiliki riwayat terkena penyakit jantung. Dan kunci untuk mencegah penyakit jantung itu adalah dengan mengatur asupan makanan. Setidaknya selalu konsumsi salad setiap hari, seperti alpukat, tomat, ayam, minyak zaitun, dan cuka dengan alas selembar sawi. Dan juga selalu siapkan sepotong buah untuk setiap menu makanan Anda.

Tidur Cukup
Tidur yang cukup bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung. Madalina Petrescu, M. D (cardiologist) dari Swedish Medical Center di Seattle dulunya merasa bisa berbangga diri karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk tidur. Tapi karena kurang tidur bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, ia pun mencoba untuk mengurangi waktu menonton TV atau berselancar di internet agar bisa mendapatkan waktu yang cukup.

Olahraga Rutin
Martha Gulati, M.D. (cardiologist) di The Ohio State University Wexner Medical Center, Columbus membiasakan diri untuk berolahraga dengan cara menemani anjingnya jalan-jalan atau berlari. Menurutnya, olahraga itu sendiri adalah obat dan kita semua perlu menggerakkan badan untuk menguatkan jantung kita.

Share.

Leave A Reply