Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Gak Perlu Ribet! Ini 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Gak Perlu Ribet! Ini 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

RANCAH POST – Cara menghilangkan karang gigi ternyata bisa dilakukan secara alami, cepat, dan mudah. Apa saja cara-caranya?

Karang gigi bisa muncul karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal di dalam gigi tidak segera dibersihkan dengan baik dan benar.

Alhasil, sisa makanan pun menumpuk dan mengeras yang akhirnya berubah menjadi karang gigi.  Jangan dianggap sepele, karang gigi yang terus dibiarkan bisa menyebabkan radang gusi.

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, kamu pun pasti akan merasa tidak nyaman ketika gigi terlihat kotor akibat plak yang menempel.

Selain penampilan kurang oke, karang gigi juga bisa menimbulkan bau mulut yang menambah ketidakpercayaan diri kamu ketika berbicara dengan orang-orang karena mulut yang beraroma tak sedap.

Namun tak usah risau, karena ada beberapa cara dan bahan-bahan alami yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karang gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karang gigi dengan mudah.

Menyikat gigi 2 kali sehari

Cara sederhana yang perlu kamu lakukan adalah dengan rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari. Jika kebiasaan ini terus diterapkan, karang dapat hilang dan mencegahnya muncul kembali.

Selain menyikat gigi dua kali sehari, kamu juga disarankan untuk melakukannya dengan cara yang benar dengan menggunakan sikat gigi serta pasta gigi yang tepat.

Agar bisa bersih dengan benar, sebaiknya gosoklah gigi selama dua menit. Hilangkan kebiasaan melakukan kesalahan menyikat gigi, seperti menyikat gigi dalam waktu singkat dan terlalu keras.

Cobalah untuk menyikat gigi dengan benar agar kotoran dan sia-sia makanan yang berada di sela-sela gigi bisa bersih sempurna.

Pakai baking soda

Cara menghilangkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda dan garam.

Baking soda ternyata efektif untuk membersihkan karang yang berwarna kuning dan sudah mengeras.

Cara menggunakannya, siapakan baking soda sebanyak satu sendok makan. Setelah itu, campurkan dengan garam secukupnya dan aduk hingga merata.

Campuran bahan ini bisa digunakan untuk pasta gigi ketika mentikat gigi. Selain membersihkan karang gigi, penggunaan baking soda juga diyakini sebagai salah satu cara memutihkan gigi dengan mudah.

Kulit jeruk

Kulit jeruk yang biasanya dianggap tidak berguna ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi karang gigi. Kulit jeruk mengandung asam yang bisa membantu membersihkan karang gigi.

Caranya, gosokkan kulit jeruk ke karang gigi selama 2 sampai 3 menit atau bisa juga dibuat sebagai pasta dan mengoleksakannya pada karang gigi.

Flossing

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi dapat menjadi cara berikutnya untuk menghilangkan karang gigi secara alami.

Flossing diyakini efektif dalam membersihkan karang gigi karena bisa menjangkau sela-sela gigi.

Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu ke dokter untuk memilih bahan dan teknik yang tepat.

Obat kumur

Menggunakan obat kumur bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi. Sisa-sia makanan dan bakteri di sela-sela gigi dapat bersih dengan efektif ketika kamu berkumur dengan mouthwash.

Selain membersihkan karang gigi, obat kumur juga bisa membuat nafasmu beraroma segar. Alhasil bau mulut gak akan terjadi.

Mengunyah daun sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang sudah dikenal banyak orang. Kamu pun bisa mengunyahnya untuk membantu menghilangkan karang gigi.

Caranya, siapkan satu lembar daun sirih dan kunyah secara langsung. Selain itu, bisa juga menambahkan dengan sebatang cengkeh yang sudah dihaluskan sedikit.

Bagaimana, mudah bukan cara-cara menghilangkan karang gigi secara alami di atas? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan