Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Kesalahan Saat Menyikat Gigi

7 Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Terkadang tanpa orang sadari ada beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan saat menyikat gigi, baik disengaja atau tidak.

Menyikat gigi itu sangat penting, bahkan dokter menyarankan untuk melakukan kegiatan ini minimal 2 kali dalam sehari.

Tak hanya bisa membuat gigi bersih, menyikat gigi juga punya manfaat lain yang harus banget untuk Anda ketahui agar tidak lagi bermalas-malasan ketika hendak menggosok gigi.

Manfaat sikat gigi di antaranya bisa menghilangkan bau mulut, mencegah gigi berlubang, mencegah kerontokan gigi, menjaga kesehatan mulut dan lain sebagainya.

Sebaliknya jika Anda malas gosok gigi bisa mengakibatkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, gangguan pernapasan dan pastinya gigi akan menjadi rusak.

Untuk itu, mulai sekarang janganlah malas untuk menggosok gigi jika tidak ingin terkena beberapa penyakit tersebut.

Namun sebelum itu Anda juga harus mengetahui beberapa kesalahan yang mungkin sering dilakukan dalam menggosok gigi. Apa sajakah itu? Mari kita simak, kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Berikut ini beberapa kesalahan dalam menyikat gigi yang mungkin sering banget Anda lakukan.

Menggosok gigi terlalu singkat

Mungkin Anda sering menggosok gigi terlalu terburu-buru dan waktunya sangat singkat. Namun perlu Anda ketahui, menggosok gigi yang baik ternyata memerlukan waktu setidaknya 2 menit. Untuk mengetahui Anda telah menyikat gigi selama 2 menit, Anda bisa menggunakan stopwatch.

Jarang menyikat gigi

Jarang menyikat gigi pastinya disebabkan oleh Anda yang bermalasan-malasan dan berpikir kalau meninggalkan gosok gigi sesekali bukanlah masalah yang berarti.

Nah, mulai sekarang lawanlah rasa malas itu agar gigi Anda tetap sehat dan jangan lupa untuk menggosok gigi 2 kali sehari, pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Memilih sikat gigi yang salah

Kesalahan saat menyikat gigi selanjutnya adalah dalam pemilihan sikat gigi yang digunakan kurang tepat. Karena ternyata menggunakan sikat gigi yang tepat berdampak penting ketika Anda menyikat gigi.

Pilihlah sikat gigi yang menurutmu cocok dan bisa menjangkau seluruh bagian gigi ketika digunakan.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan saat memilih sikat gigi adalah bulu sikatnya, Anda harus memastikan bulu sikat tersebut lembut dan lentur agar dapar masuk ke bagian yang sempit antara gusi dan gigi.

Jarang ganti sikat gigi

Apakah kesalahan yang satu ini sering Anda lakukan? Jika iya, segeralah untuk menghindarinya. Jarang mengganti sikat gigi dapat berdampak buruk bagi gigi Anda.

Sikat gigi yang sudah dipakai terlalu lama bahkan berbulan-bulan tidak bekerja dengan baik ketka membersihkan gigi. Disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

Terlalu keras ketika menyikat gigi

Kesalahan saat menyikat gigi ini mungkin dianggap dapat membuat gigi semakin bersih. Namun ternyata hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan.

Menyikat gigi terlalu keras akan membuat jaringan gusi melonggar, kondisi ini disebabkan oleh tekanan yang terlalu kencang sehingga membuat sebagian akar gigi terekspose. Daerah ini bisa jadi sensitif ketika Anda meminum atau makan-makanan yang panas dan dingin.

Akar gigi juga akan rentan mengalami pembentukan lubang dibandingkan dengan bagian enamel gigi yang keras. Untuk itu, mulailah hindari kebiasaan menggosok gigi terlalu keras ya, teman-teman

Langsung gosok gigi setelah selesai makan

Sebaiknya setelah makan yang terburu-buru untuk langsung menggosok gigi, tunggulah setidaknya 30 menit setelah mengkonsumsi makanan atau minuman terutama yang bersifat asam.

Karena berdasarkan penelitian menyebutkan kalau menggosok gigi terlalu cepat setelah selesai makan atau minum-minuman, terutama yang sifatnya asam dapat berdampak buruk kesehatan gigi.

Menyikat gigi dengan arah yang salah

Kesalahan saat menyikat gigi ini mungkin diangap sepele, namun jika dibiarkan bisa membuat gigi rusak. Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah dengan memulai menggosok gigi dari gusi dengan gerakan ke atas dan ke bawah.

Kemudian, lakukanlah dengan gerakan sapuan pendek-pendek dan memutar seperti membentuk lingkaran kecil. Dengan cara ini seluruh sisa makanan atau plak bisa bersih.

Nah, itulah beberapa kebiasaan saat menyikat gigi yang mungkin sering dianggap sepele namun bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,355FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan