Kamis, 2 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Karang Gigi

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Karang Gigi

Penyebab karang gigi ternyata bisa muncul akibat beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering kali dilakukan banyak orang.

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan terus tumbuh secara perlahan. Karang gigi biasanya terlihat seperti lapisan kotoran berwarna kekuningan atau kecoklatan di bagian garis gusi.

Karang gigi dapat membuat gigi mudah berlubang atau menimbulkan kerusakan lainnya. Jika dibiarkan, karang gigi dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Seperti, menjadi tempat bersarangnya bakteri, menyebabkan radang gusi, bahkan memicu penyakit jantung serta stroke.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi, seperti rutin menggosok gigi dengan benar, gunakan obat kumur, berhenti merokok dan lain sebagainya.

Akan tetapi, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan dan menyebabkan timbulnya karang gigi.

Penyebab Karang Gigi

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan karang gigi mudah sekali timbul.

Jarang gosok gigi

Untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan terawat Anda perlu menggosok gigi dengan rutin serta teratur dan melakukannya dengan cara yang benar.

Dengan begitu, sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dapat segera hilang. Jika tidak, bakteri akan bersarang dan berkembang sehingga gigi akan berkarang dan mudah rusak.

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan

Makanan manis memang disukai banyak orang, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa juga. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan lengket seperti permen dan coklat sangat mudah tertinggal pada sela-sela gigi Anda.

Hal itu dapat membuat sisa-sisa makanan menjadi sumber makanan untuk bakteri perusak gigi. Bakteri itu dapat menghasilkan zat asam perusak email gigi dan berkembang menjadi karang gigi.

Cara membersihkan karang gigi yang salah

Berupaya untuk menghilangkan karang gigi mungkin kerap Anda lakukan, meskipun untuk tanpa bantuan dokter.

Hal tersebut justru dapat menjadi penyebab karang gigi semakin parah. Cara yang salah dapat menyebabkan iritasi pada gusi.

Gusi akan berdarah karena cara yang salah saat membersihkan karang gigi. Jika sudah semakin parah, disarankan untuk ditangani secara tepat.

Kurang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Manfaat sayur dan buah untuk kesehatan memang sangatlah banyak, salah satunya dapat membuat gigi lebih sehat. Hal itu karena sayur dan buah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan gigi.

Selain itu, mengigit dan mengunyah buah dan sayur secara teratur bisa membantu membersihkan gigi secara alami. Apabila Anda malas mengkonsumsi buah dan sayur dapat membuat karang gigi lebih mudah timbul.

Merokok

Penyebab karang gigi selanjutnya adalah merokok. Seperti yang sudah kita ketahui, merokok dapat berdampak tak baik untuk kesehatan.

Zat kimia berbahaya yang terdapat pada rokok dapat membentuk plak gigi, sehingga karang gigi mudah sekali muncul.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi berlebihan

Segala yang berlebihan memang berujung pada hal yang tidak baik. Karbohidrat memang diperlukan tubuh namun jika terlalu berlebihan bahkan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi diyakini bisa mempercepat penumpukan plak di sela gigi dan gusi.

Mengapa demikian? Ternyata mikroorganisme di mulut sangat menyukai makanan yang mengandung karbohidrat.

Sehingga dapat membuat sisa makanan yang mengandung karbohidrat tidak digosok secara benar dan bersih dapat menjadikan tempat berkembang biaknya bakteri.

Nah, itu dia teman-teman beberapa kebiasaan buruk penyebab munculnya karang gigi dan cara menghilangkannya harus segera Anda ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,407FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan