3 Hal Berikut Ini Bisa Cegah Penyakit Jantung

Tips Cegah Penyakit Jantung
Tips Cegah Penyakit Jantung

RANCAH POST – Hidup dengan aktivitas padat dan mengonsumsi fast food, sering membuat kita lalai untuk menjalani gaya hidup sehat. Padahal, terpaku dalam gaya hidup seperti itu bisa, menurunkan kualitas hidup ataupun malah bisa mengancam nyawa kita.

Makanan siap saji yang menawarkan kecepatan dan murah, aneka minuman soda dan manis-manis, prilaku sedentary lifestyle, lama-kelamaan membuat semua orang mengalami obesitas. Sehingga, semakin dekat dengan kondisi penyumbatan pada pembuluh arteri, dan bukan tak mungkin seseorang akan mengalami serangan jantung dikemudian hari.

Kendati demikian, tak perlu buru-buru cemas. Sebab, ada tiga perubahan sederhana gaya hidup yang bila dilakukan bisa meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh.

Untuk mengetahui seperti apa tiga gaya hidup itu. Berikut ulasan lengkapnya seperti dilansir Healthmeup.

Makan seperti orang Yunani
Penelitian sudah menunjukkan bahwa konsumsi lemak sehat seperti yang ditemukan dalam diet mediterania bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit jantung. Pria Yunani sendiri memiliki harapan hidup lebih lama ketimbang pria di negara-negara Eropa dan Amerika Utara lainnya, dimana karena manfaat yang ada didalam diet tradisional yunani ini. Minyak zaitun, kacang-kacangan, sayuran, seafood, dan anggur adalah semua makanan umum yang dikonsumsi di negara-negara Mediterania. Sebuah penelitian terbaru di University of Athens Yunani menunjukkan, orang yang mengonsumsi makanan yang umumnya terkait dengan diet Mediterania memiliki tingkat CRP ( C-reactive protein)  20 persen lebih rendah daripada mereka yang tak makan seperti orang Yunani, CRP ini sangat penting karena berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapat manfaat itu, seseorang hanya cukup mengganti mentega dengan minyak zaitun dan memilih seafood dari jenis daging lainnya  yang bisa memengaruhi kesehatan jantung Anda.

Jangan merokok
Banyak orang berpikir bahwa merokok hanya menyebabkan masalah pernapasan, kanker dan paru-paru, kenyataannya adalah sebesar 20 persen kematian akibat penyakit jantung memiliki hubungan langsung dengan merokok. Merokok pasti mengurangi oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan pembekuan, dan merusak sel-sel yang melapisi arteri koroner, yang menyebabkan penyakit arteri koroner. Untuk berhenti merokok, Anda harus sehat secara mental dan emosional. kendati hal ini adalah jalan yang sulit, sering penuh dengan tantangan, tetapi hasil akhirnya sangat memuaskan yakni jantung jadi lebih sehat.

Biasakan untuk berjalan
Kedengarannya memang konyol bahwa sesuatu yang begitu sederhana bisa memiliki dampak besar pada kesehatan Anda, tapi kenyataannya itu benar. Berolahraga tak harus datang dalam bentuk berjalan di atas treadmill atau angkat beban selama satu jam di gym, cukup pergi berjalan-jalan beberapa kali seminggu bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Selain itu, berjalan membuat Anda merasa lebih sehat dan bisa membantu memangkas ukuran pinggang Anda.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama