Selasa, 26 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19

Menjaga kesehatan mental dengan cara yang benar tentu sangatlah penting, apalagi di tengah pandemi virus corona (COVID-19) yang penyebarannya masih masif.

Pemerintah pun memberikan beberapa imbauan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak atau physical distancing, memakai masker, tetap berada di rumah dan jangan keluar jika tidak mendesak.

Tentu saja adanya wabah virus corona ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, mulai dari rutinitas sehari-hari, hingga isolasi sosial.

Jika biasanya Anda dapat dengan bebas keluar rumah, bermain, bersekolah, belajar, jalan-jalan, kini semua itu berubah selama wabah corona masih melanda.

Berdiam diri di rumah dan melakukan segala kegiatan di rumah mungkin membuat Anda merasa bosan, cemas dan takut dengan keadaan, sedih serta sepi karena tak bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat seperti biasanya.

Untuk itu menjaga kesehatan mental sangatlah penting, agar kecemasan dan ketakutan yang dirasa tidak semakin berlarut-larut terjadi.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Berikut beberapa hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mental dan jiwa selama wabah COVID-19 merebak di Tanah Air.

Pola tidur yang baik

Cobalah untuk selalu menerapkan kedisiplinan dalam hidup serta membuat aturan kesehatan mental sendiri. Caranya, prioritaskan pola tidur yang tepat.

Memiliki waktu tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Setiap harinya orang dewasa dan lansia membutuhkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam.

Dengan terbiasa menerapkan pola tidur yang baik, senyawa sitokin yang mampu memberikan efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi makanan bergizi

Selain pola tidur yang baik, cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan dan konsumsilah makanan yang bergizi baik.

Untuk menjaga sistem imun tubuh, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin C secukupnya.

Sistem kekebalan tubuh yang baik tentu akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, termasuk terjangkir virus corona.

Olahraga atau aktivitas fisik

Meski selalu berdiam diri di rumah dan tidak bisa ke tempat gym, Anda tetap bisa berolahraga di rumah. Olahraga dipercaya mampu menurunkan tingkat stres.

Selain itu olahraga juga baik untuk kesehatan, bahkan membantu mengelola emosi dan bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Hal tersebut karena ketika kita melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ringan dapat mengeluarkan hormon endorfin.

Tak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja. Dengan latihan peregangan dan pernapasan bisa membantu membuat diri lebih tenang.

Jangan lewatkan juga untuk menjemur di bawah sinar matahari pagi untuk menjaga sistem imun tetap baik.

Buat kegiatan sendiri selama di rumah

Cara menjaga kesehatan mental di tengah wabah virus corona selanjutnya bisa dengan membuat kegiatan sendiri selama mengisolasi diri di rumah.

Hal tersebut bertujuan untuk mengusir rasa bosan karena tidak bisa berkegiatan di luar rumah. Lakukan beberapa aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca buku, memasak dan lain-lain.

Bijak dalam mencari informasi

Disarankan untuk lebih membatasi waktu menonton, membaca, atau mendengarkan berita tentang wabah corona supaya rasa cemas dan rasa takut berkurang.

Namun bukan berarti tidak mengetahui informasi sama sekali. Bijaklah dalam memilih dan memilah informasi yang diterima. Usahakan untuk mencari infromasi dari sumber terpercaya.

Jaga komunikasi dengan orang terdekat-dekat

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat.

Meski tidak bertemu secara langsung, Anda bisa menghubungi mereka lewat pesan singkat telepon, atau panggilan video agar sedikit mengobati rasa rindu.

Hindari kebiasaan buruk

Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk agar kesehatan mental tetap terjaga. Batasi merokok dan minum-minuman beralkohol.

Karena kedua kebiasaan tersebut bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental. Disarankan juga untuk istirahat yang cukup dan jangan begadang.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mental selama pandemi corona. Kendalikan rasa takut dan cemas yang Anda rasakan, jangan berhenti berdoa supaya wabah ini segera berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,669FansSuka
1,812PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan