Sabtu, 19 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Meningitis

Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Meningitis

Penyebab meningitis bisa dikarenakan oleh beberapa hal, termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin tanpa Anda sadari sering dilakukan.

Penyakit ini sendiri merupakan terjadinya peradangan pada meninges atau lapisan pelindung yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

Meningitis atau radang selaput otak ini bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari orang dewasa, anak-anak bahkan bayi pun bisa mengalaminya.

Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang dikenal cukup mematikan, jika tidak segera diobati angka kematinnya bisa sekitar 50%.

Seperti yang sudah kita ketahui, ada beberapa artis Indonesia yang mengalami meningitis, seperti Ashanty, Juwita Bahar, dan Olga Syahputra.

Juwita Bahar dan Ashanty dapat pulih dari penyakit ini. Namun sayang Olga Syahputra tidak seberuntung mereka, ia meninggal dunia karena mengalami penyakit tersebut.

Yang terbaru, dunia hiburan lagi-lagi kembali berduka karena kehilangan salah satu penyanyi sekaligus musisi, Glenn Fredly.

Sama seperti tiga artis sebelumnya, penyebab Glenn Fredly meninggal yakni karena mengidap menyakit meningitis.

Pelantun lagu Kasih Putih itu meninggal pada Rabu, 8 April 2020 di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan pada usia 44 tahun.

Kepedihan begitu dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, tak terkecuali sang istri tercinta, Mutia Ayu yang belum genap setahun membina rumah tangga bersama mendiang Glenn.

Dari pernikahannya bersama Mutia Ayu, Glenn dikaruniai seorang anak perempuan bernama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Ketika Glenn wafat, bayi Gewa baru berusia 40 hari.

Sementara itu, setelah dikutip dari berbagai sumber, meningitis atau radang selaput otak merupakan salah satu penyakit langka dan mematikan yang penyebabnya karena bakteri, virus, dan jamur atau parasit.

Melansir dari Indozone.com, ternyata ada beberapa pola hidup atau kebiasan yang bisa menyebabkan dan meningkatkan risiko terkena penyakit meningitis.

Penyebab Meningitis

Kebiasaan-kebiasan buruk yang menyebabkan meningitis sebaiknya harus dihindari karena bisa membuka gerbang dan mempermudah penyakit tersebut menjangkit tubuh.

Tidak rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dengan bersih ternyata tak hanya mampu menangkal virus corona (Covid-19) agar tidak menginfeksi tubuh, namun berlaku juga pada penyakit meningitis.

Meski terbilang sangat sederhana, namun ternyata mencuci tangan itu sangatlah penting agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Sebab, banyak kuman dan bakteri yang dapat berkembang biak di tangan, apalagi di abwah kuku. Rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Selain sebelum dan sesudah makan, mencuci memakai sabun dengan bersih juga sangat penting setelah Anda dari toilet, atau berinteraksi langsung dengan orang lain.

Menggunakan barang-barang aau peralatan secara bersama-sama

Penyebab meningitis bisa disebabkan karena Anda menggunakan barang secara bersama-sama dengan orang lain, termasuk dengan anggota keluarga Anda di rumah.

Sebaiknya menghindari berbagi alat makan dengan orang lain. Siapa sangka memakai peralatan makan secara bersama-sama seperti sendok, garpu dan piring bisa meningkat risiko penyakit meningitis.

Ketika alat makan dipakai secara bersama-sama dengan orang lain, kita tidak pernah mengetahui bagaimana kondisi kesehatan pada tubuh mereka. ‘

Apalagi jika ada anggota keluargamu yang terjangkit meningitis, sebaiknya hindari untuk menggunakan peralatan makan secara bersama-sama.

Selain pemakaian alat makan secara bersama-sama, penggunaan handuk dan sikat gigi secara bergantian juga sebaiknya dihindari, termasuk dengan anggota keluarga Anda.

Berbagi lipstik

Bagi wanita, mulai sekarang hindari berbagi lipstik dengan teman-teman Anda karena bisa menjadi penyebab risiko terjangkit penyakit meningitis meningkat.

Selain lipstik, meminjamkan atau pinjam alat kosmetik lainnya bisa menularkan berbagai macam virus, termasuk virus yang menyebabkan penyakit meningitis.

Pola makan yang tidak dijaga

Sistem imunitas tubuh yang lemah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit, termasuk meningitis. Salah satu kebiasaan yang menyebabkan meningitis adalah tidak menjaga pola makan.

Untuk itu, jagalah pola makan dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit dan membuat tubuh tetap bugar untuk menjalani aktivitas.

Tidak mencuci makanan sebelum diolah

Seperti yang sudah kita ketahui, penyebab meningitis adalah mikoorganisme seperti bakteri, jamur, atau virus. Dalam hal ini menjaga kebersihan sangatlah penting.

Selain mencuci tangan, memastikan makanan yang akan diolah telah benar bersih tak kalah penting.

Hal tersebut karena banyak bakteri salah satunya Listeria monocytogenes yang menyebabkan meningitis.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab risiko terkena penyakit meningitis meningkat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,998FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan