Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 4 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

4 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Cara mencegah penyebaran virus corona atau coronavirus ini sangat penting dilakukan. Seperti yang sudah kita ketahui, virus mematikan ini kian mewabah membuat orang-orang panik dan cemas karena takut terinfeksi.

Puluhan orang ditanyakan meninggal akibat virus ini dan sejumlah warga lainnya yang sudah terinfeksi tengah menjalani perawatan.

Wuhan merupakan kota di China yang kini sudah dikarantina oleh pemerintahan Tiongkok karena terdeteksi merupakan tempat munculnya virus corona untuk pertama kali.

Dengan adanya virus ini, dokter dan petugas medis di Wuhan harus bekerja lebih keras menangani ribuan pasien yang terserang virus corona.

Bahkan di media sosial tersebar rekaman video yang memperlihatkan bagaimana perawat Wuhan yang menangis histeris karena harus memberi pertolongan pada pasien terus menerus.

Beberapa pencegahan penularan virus ini pun mereka lakukan, seperti menggunakan masker dan pakaian pelindung.

Apa itu virus corona? Ya, virus ini sendiri merupakan keluarga besar virus, termasuk Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Resporatory Syndriome (MERS).

Dikabarkan, virus ini bermula dari interaksi antara manusia dengan binatang. Akan tetapi, setelah terserang, sesama manusia pun bisa saling menularkan virus ini.

Virus ini akan membuat si penderitanya mengalami gejala ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa sampai gangguan pernapasan akut.

Berdasarkan indromasi yang dihimpun, kasus terinfeksi virus corona baru telah mencapai lebih dari 2.700 kasus dan 80 orang dinyatakan meninggal.

Lalu, bagaimana untuk mencegah penularan virus ini? Kali ini Rancah Post telah berhasil merangkumnya dari beberapa sumber.

Cara Mencegah Virus Corona

Pencegahan virus corona ini harus dilakukan secara mandiri, mulai dari hal-hal sederhana namun dipercaya bisa mencegah seseorang terjangkit virus ini. Langsung saja, berikut pembahasannya.

Rutin mencuci tangan dengan bersih

Langkah awal untuk mencegah penularan virus corona ini bisa dengan melakukan ritual cuci tangan dengan bersih. Karena menurut informasi yang beredar, kasus penularan virus ini terjadi saat tangan yang terkontaminasi virus tak sengaja menyentuh bagian muka.

Hingga akhirnya virus mematikan ini pindah ke hidung atau mulut melalui tangan yang sudah terkontaminasi. Untuk itu, rajinlah cuci tangan dengan menggunakan sabun sesudah atau sebelum makan dan hindarilah terlalu sering memegang wajah.

Menggunakan masker

Cara mencegah penularan virus corona bisa dengan melakukan beberapa antisipasti untuk meminimalisir terjangkit, seperti menggunakan masker bedah atau ojol.

Selain itu, dokter mengatakan jika memungkinkan penggunakan masker N95 juga bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus. Masker yang satu ini bisa menutup area hidung serta mulut dengan rapat sehingga bisa melindungi Anda dengan baik dari penularan virus corona.

Memasak makanan hingga matang dan istirahat yang cukup

Cara mencegah penularan virus corona bisa selanjutnya adalah memasak makanan sampai matang dan istirahat yang cukup. Hindarilah kebiasaan memakan daging yang dimasak setengah matang.

Hal tersebut dilakukan karena sejumlah penyakit, termasuk virus corona berawal dari binatang sebelum akhirnya menular ke manusia dan membuat infeksi kian mewabah.

Istirahat yang cukup juga sangat penting dilakukan sebagai upaya pencegahan virus corona. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Hal tersebut bisa membuat sistem imun tubuh terjaga dengan baik. Karena perlu Anda ketahui, tidak semua orang yang terserang virus corona meninggal dunia.

Terdapat orang yang terjangkit namun bisa sembuh karena mempunyai sistem imun dan layanan kesehatan yang baik pula.

Menutup mulut ketika batuk atau bersin

Kesadaran diri sendiri merupakan salah satu hal penting untuk mencegah virus corona semakin menular. Untuk itu, disarankan untuk selalu menutup mulut dan hidung ketika bersin serta batuk. Hal tersebut bisa meminimalisir tersebarnya virus dan menyerang pada yang lain.

Demikianlah beberapa upaya sebagai cara mencegah penularan virus corona yang hingga saat ini masih mewabah di beberapa negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan