Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Cara Membuat Asinan Buah dan Sayur, Sajian Segar dan Nikmat di Musim...

Cara Membuat Asinan Buah dan Sayur, Sajian Segar dan Nikmat di Musim Panas

Cara membuat asinan buah dan sayur memang sangat mudah, bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar atau di warung terdekat.

Asinan merupakan satu jenis makanan yang proses pembuatannya dengan cara pengacaran atau melalui pengaisan dengan garam atau pengasaman dengan cuka.

Kenikmatan cita rasa dari asinan ini memang tak perlu diragukan lagi. Rasanya yang segar cocok untuk dimakan dikala cuaca sedang panas terik.

Akan tetapi, jika terlalu berlebihan mengkonsumsi asinan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, jika ingin menyantap asinan porsinya harus disesuaikan ya, guys.

Tapi jangan khawatir, mengkonsumsi asinan dengan porsi yang secukupnya ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh.

Manfaat asinan yang terdiri dari buah dan sayur-sayuran mentah ini mampu untuk menangkal penyakit seperti kanker dan hipertensi.

Asinan juga dapat membuat seseorang akan menjadi lebih awet muda, terbebas dari penyakit osteoporosis, tinggi kalium dan masih banyak manfaat lainnya.

Di musim kemarau yang panjang ini sinar matahari terasa begitu panas, pastinya untuk kalian yang punya segudang aktivitas padat menginginkan sesuatu yang segar-segar.

Salah satu rekomendasi camilan yang bisa kamu buat dengan mudah, rasanya enak dan segar adalah asinan buah dan sayur.

Pasti udah terbayang, bagaimana segar dan nikmatnya asinan buah dan sayur yang akan memanjakan lidah kamu.

BACA JUGA: Cara Membuat Asinan Rambutan yang Seger dan Praktis

Masih bingung bagaimana cara membuatnya? Tak perlu risau, di artikel kali ini kami telah menyiapkan cara membuat asinan buah dan sayur yang bisa kamu coba di rumah.

Cara Membuat Asinan Buah dan Sayur

Berikut ini cara membuat asinan buah dan sayur, kenikmatannya dijamin bikin kamu ketagihan.

Bahan

200 gram mentimun
200 gram nanas
200 gram bengkuang
200 gram wotrel
200 gram sawi
200 gram tauge
200 gram wortel
200 gram kerupuk asinan
500 gram kacang tanah, haluskan
400 gram gula merah
4 buah cabai merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai rawit merah
10 sdm air asam jawa
Garam secukupnya

Cara membuat

Langkah pertama, siapkan buah dan sayur lalu cuci menggunakan air sampai bersih. Selanjutnya, potong-potong (bisa potong dadu atau memanjang sesuai selera) semua buah dan sayur kecuali tauge.

Kemudian, setelah buah dan sayur sudah siap, kamu tinggal membuat bumbu untuk kuah dengan cara menghaluskan 4 buah cabai merah, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai rawit merah, garam, dan gula merah.

Setelah itu, campurkan semua bahan yang telah dihaluskan dengan gula merah, air asam jawa dan kacang tanah yang sebelumnya juga sudah dihaluskan. Kemudian aduk hingga semua tercampur rata, lalu sisihkan.

Siapkan sebuah wadah atau mangkuk, masukkan semua bumbu asinan yang sudah selesai dibuat tadi, tambahkan air panas secukupnya hingga campuran bahan tadi menjadi sedikit lunak.

Setelah itu, masukkan semua buah dan sayur ke dalam wadah atau mangkuk berisi bumbu tadi, aduk semua bahan dan bumbu hingga tercampur rata.

Selanjutnya, siapkan piring saji lalu isi dengan asinan buah dan sayur yang sudah selesai dibuat. Tambahkan remahan kerupuk ke atas asinan buah dan sayur di piring saji.

Untuk menambah kenikmatan, asinan buah yang sudah tersaji bisa dimasukkan ke dalam wadah dan diamkan di dalam kulkas agar lebih nikmat saat disantap.

BACA JUGA: Resep Asinan Betawi Asli bikin Nampol

Nah, itu tadi teman-teman langkah demi langkah cara membuat asinan buah dan sayur sudah kami jelaskan. Tunggu apalagi? Sekarang kamu bisa kamu praktikan di rumah, hidangan ini nikmat disantap bersama keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya dikala sedang bersantai. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan