Minggu, 25 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kuliner 6 Makanan Khas yang Tersaji Saat Idul Adha

6 Makanan Khas yang Tersaji Saat Idul Adha

RANCAH POST – Tidak hanya saat Idul Fitri, ketika momen perayaaan Hari Raya Idul Adha pun tentu ada makanan-makanan khas yang kerap disajikan orang-orang di meja makan untuk disantap bersama keluarga.

Idul Adha sering juga disebut Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban. Di tahun 2020 ini, Idul Adha jatuh 1441 H jatuh pada tanggal 31 Juli.

Selain shalat Ied, pada saat Idul Adha dilaksanakan juga penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, domba, atau unta.

Idul Adha merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nanti dengan gembira oleh semua orang. Mungkin termasuk Anda.

Pasalnya, pada momen tersebut kita bisa berkumpul bersama keluarga untuk menyantap makanan yang lezat. Tentunya, rasa kebersamaan akan tercipta pada momen ini.

Lalu, sudahkan Anda merencakan hendak memasak menu makanan khas lebaran seperti apa nanti? Jika masih bingung, Rancah Post punya beberapa rekomendasinya.

Makanan Khas Idul Adha

Seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan-makanan yang kerap ada saat momen Idul Adha tiba.

Sate

Lebaran Haji memang kerap identik dengan kegiatan ‘nyate’. Untuk itu, masakan khas yang satu ini agaknya bakal terhidang di meja makanan saat atau setelah Idul Adha.

Kelezatan sate memang tidak perlu diragukan lagi sehingga makanan ini banyak digemari, apalagi cara membuat sate kambing atau sapi pun sangat mudah.

Cukup membakar daging kurban yang telah dibumbui hingga benar-benar matang, lalu Anda bisa melumurinya dengan bumbu kacang. Dijamin mantap, guys!

Kambing oven

Makanan khas Hari Raya Idul Adha yang satu ini menjadi salah satu hidangan yang lezat, terutama bagi mereka yang menyukai daging kambing. Masakan khas mesir ini cara pembuatannya juga sangat mudah.

Cukup dengan mengoleskan bumbu secara merata ke permukaan kambing.  Biasanya kambing oven kerap menggunakan bagian pahanya karena cepat empuk ketika dimasak.

Setelah itu, panggang menggunakan oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit hingga matang.

Gulai

Gulai menjadi salah satu makanan banyak digemari karena kelezatannya yang memang tak perlu diragukan lagi. Gulai dibuat dengan bahan utamanya yakni daging yang diolah dalam kuah berbumbu rempah.

Gulai memiliki ciri khas seperti berkuah kuning dan kental yang merupakan racikan dari berbagai rempah-rempah.

Yakni bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, lada, kunyit, adas, jahe, lengkuas, serai, kayu mantis, pala dan jintan. Racikan bumbu itu lalu kita masak dalam santan beserta daging.

Semur

Makanan khas Idul Adha di Indonesia berikutnya adalah semur yang merupakan hidangan khawas Betawi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ini di antaranya adalah kecap dan berbagai bumbu rempah lainnya.

Hidangan yang satu ini mempunyai warna yang hitam pekat yang berasal dari kecap yang digunakan dalam proses pembuatannya. Bahan-bahan yang bisa digunakan dalam pembuatan semur ini seperti daging kambing, sapi, ayam, hingga telur.

Rendang

Kurang lengkap rasanya jika di meja makan belum terhidang rendang. Rendang menjadi salah satu masakan yang disukai banyak orang, bahkan sudah mendunia.

Cara membuat rendang yang enak bisa Anda lakukan di rumah, siapkan bahan-bahannya, bisa daging sapi atau kambing serta bumbu-bumbu rempah khas lainnya.

Sop daging

Makanan favorit khas Idul Adha yang bisa hidangkan selanjutnya adalah sop daging. Kuah kaldunya yang bening ditambah dengan berbagai sayuran di dalamnya memang menambah kelezatan masakan ini.

Agar semakin lezat, Anda dapat menambahkan tulang sumsum atau tetelan ke dalam sop. Pastinya bikin nafsu makan mendadak meningkat!

Nah, itulah beberapa masakan khas Idul Adha yang bisa Anda coba. Selamat Hari Raya Idul Adha 2020/1441 H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan