Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Tips Agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

Tips Agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

RANCAH POST – Hari Raya Idul Adha 2020/1441 H tinggal sebentar lagi, sudahkah Anda mengetahui tips agar membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus?

Tepatnya besok, Jumat 31 Juli 2020, seluruh umat Muslim akan memperingati Hari Raya Idul Adha yang disebut juga dengan Hari Raya Kurban.

Selain melaksanakan salat Ied, saat Idul Adha juga dilaksanakan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau unta.’

Oleh sebab itu, pada momen ini juga ramai orang-orang yang mengolah daging kurban menjadi berbagai hidangan khas Idul Adha.

Ada yang dibuat gulai, tengkleng, semur, rendang, dan yang paling mudah adalah sate. Salah satu yang difavoritkan orang-orang adalah sate kambing.

Namun, masih saja ada beberapa orang yang belum mengetahui cara membuat sate kambing yang benar agar empuk, enak dan tidak bau.

Tak jarang, sate yang sudah dibayangkan akan lezat ketika disantap ternyata dagingnya alot dan bau prengus karena diolah dengan cara yang kurang tepat.

Nah, agar tahun ini tak lagi demikian, Rancah Post mempunyai beberapa tips supaya sate kambing tetap empuk, enak, dan tidak bau.

Tips Agar Sate Kambing Empuk

Melansir dari beberpa sumber, berikut ini tips-tips supaya sate kambing yang Anda buat tetap empuk dan tidak bau prengus.

Tepat dalam memilih daging kambing

Tips pertama dalam membuat ste kambing yang empuk yang mesti Anda lakukan yakni memilih daging kambing yang tepat.

Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat keempukan sate. Paha belakang, punggung, dan has dalam merupakan sejumlah bagian terempuk sehingga lebih mudah ketika Anda hendak mengolahnya.

Jangan memotong daging terlalu tebal

Tips agar daging sate kambing empuk yang selanjutnya adalah memotong dagingnya dengan cara yang benar.

Hindari memotong daging untuk sate terlalu tebal, potonglah dengan ukuran sedang atau tipis agar lebih cepat matang dan empuk.

Apalagi daging kambing sendiri memiliki urat yang banyak, biasanya rentan keras ketika matang. Alhasil, jika memotongnya terlalu tebal, akan semakin keras dan alot.

Daging kambing jangan dicuci

Agar tidak prengus, hindari mencuci daging kambing segar ketika hendak membuat sate. Cukup bersihkan kotoran-kotoran dan darah yang menempel.

Mungkin Anda akan menganggap hal ini tidak higienis, namun kotoran yang menempel akan hilang ketika dibakar.

Gunakan nanas

Cara membuat sate kambing yang empuk dan enak dengan nanas mungkin sudah diketahui banyak orang.

Kandungan bahan alami yang terkandung di dalam buah nanas memiliki manfaat untuk mengempukkan dan menghilangkan bau pada daging kambing.

Selain dengan menggunakan buah nanas, daun pepaya juga bisa digunakan agar dagingnya empuk.

Berikan bumbu yang banyak

Tips agar sate kambing empuk dan tidak bau selanjutnya adalah dengan memberikan bumbu yang banyak, dengan begitu bau prengus pun dapat tertutupi.

Gunakanlah beberapa bumbu seperti bawang putih, daun jeruk, dan ketumbar agar aromanya semakin sedap. Jangan lupa tambahkan kecap manis supaya semakin mantap.

Hindari membakarnya dengan api yang besar

Hindari membakar daging kambing dengan api yang besar karena bisa membuatnya alot. Bahkan, daging pun bisa gosong di luar dengan bagian dalam yang belum matang. Untuk bakarlah daging dengan api sedang.

Setelah sate matang sempurna, jangan lupa membumbuinya dengan bumbu kecap atau bumbu kacang sesuai selera masing-masing. Sate kambing pun siap disantap selagi hangat.

Bagaimana, mudah bukan tips-tips agar sate kambing empuk dan tidak bau? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan