Rabu, April 8, 2020

Resep Asinan Betawi Asli bikin Nampol

RANCAH POST – Resep asinan betawi. Jakarta merupakan salah satu kota terpesat dalam perkembangannya, melebehi kota manapun di Indonesia. Jakarta juga menjadi pusat segalanya termasuk juga kuliner. Masakan apapun pasti akan kita temukan di sini, tidak terkecuali dengan kuliner aslinya, yakni asinan betawi.

Asinan betawi adalah salah satu kuliner khas Jakarta yang sangat enak. Penjual asinan betawi ini pun sangat mudah dicari, kalian bisa menemukan banyak pedagang asongan di terminal, pedagang kaki lima di trotoar, atau saat ada event-event tertentu yang mengangkat atas nama Jakarta, seperti misalnya hari jadi kota Jakarta atau semacamnya.

Bagaimana untuk mereka yang sedang jauh dari ibu kota terus kangen dengan masakannya? Cukup gampang kok ladies membuat asinan betawi khas Jakarta ini. Tanpa basa basi lagi, berikut kami berikan resep asinan betawi asli bikin nampol. Check this out.

Resep Asinan Betawi

Bahan-bahan :

1/3 wortel segar, potong kecil-kecil
7 lebar kol segar
1 ½ mentimun, potong kotak kecil-kecil
½ buah nanas, potong kotak kecil-kecil
60 gram sawi asin
60 gram toge
1 buah bengkoang segar, potong kecil
2 sdm kacang tanah yang sudah di goreng
3 batang daun bawang
150 gram tahu putih yang sudah di kukus dan dipotong kotak kecil
100 gram mie kuning yang sudah di rendam air panas
100 gram kerupuk

Bumbu yang di haluskan :

100-150 gram kacang tanah yang sudah di goreng
3 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
2 ½ sdt cuka

Saus asinan betawi :

600 ml air mineral
100-110 gram gula merah jawa

Cara membuat :

Pertama, buat saus dulu. Masak air setengah mendidih kemudian masukan gula merah lalu aduk sampai tercampur rata. Tambahkan bumbu-bumbu yang sudah di haluskan tadi kedalam saus yang sedang direbus hingga mendidih. Tata sayuran dan juga tahu putih kedalam wadah yang sudah disiapkan. Siramkan kuah bumbu saus yang sudah matang pada sayuran yang sudah tertata. Sajikan asinan yang sudah jadi dengan kerupuk yang sudah di goreng sebelumnya. Asinan betawi pun siap untuk disantap.

Itu tadi resep asinan betawi asli bikin nampol. Gimana, resep yang mudah bukan? Jika ladies tidak terlalu suka dengan sayuran, ladies bisa mencoba resep asinan buah bumbu kacang yang nggak kalah nampol. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,874FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,270PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan