RANCAH POST – Detox water adalah minuman dengan irisan buah di dalamnya. Buah yang digunakan untuk dibuat detox water kebanyakan adalah buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin. Selain buah bahan lain seperti daun mint dan kayu manis juga banyak digunakan untuk detox water.

Buah yang paling sering digunakan adalah lemon dan jeruk nipis, selain itu strawberry juga banyak digunakan, karena ketiga buah ini mempunyai rasa asam yang dapat membuat rasa air menjadi lebih segar. Detox water dengan irisan ketiga bahan tersebut banyak dicampuri dengan daun mint untuk membuat rasa dingin di dalam mulut.

Cara membuat detox water sebenarnya sangat mudah, selain itu bahan yang dibutuhkan juga sangat simpel dan mudah didapat. Bahan campuran yang dimasukkan kedalam air biasanya disesuaikan dengan khasiat yang diinginkan dari bahan campuran tersebut.

Misalnya jika Anda menginginkan turunnya berat badan, maka Anda harus membuat detox water yang bisa membuat membuat lemak terbakar. Maka buah yang dicampurkan adalah strawberry dan jeruk nipis, lalu Anda bisa menambahkan daun mint ke dalam detox water tersebut. Detox water tersebut bisa Anda konsumsi sehari sekali dengan porsi satu gelas atau 200ml.

Cara membuat detox water akan dijabarkan berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan
Buah atau bahan yang diinginkan
Air putih
Botol yang memiliki tutup
Es batu

Cara membuat membuat detox water
Cuci bersih buah atau bahan lain yang akan digunakan.
Potong menjadi beberapa bagian kecil.
Masukkan potongan buah tersebut ke dalam air yang sudah dimasukkan ke dalam botol bertutup tersebut.
Masukkan air es ke dalam detox water tersebut.
Diamkan detox water selama 1-2 jam agar sari buah keluar dengan maksimal.

Dalam cara membuat detox water, potongan bahan campuran yang digunakan disesuaikan dengan jenis buah, jika buah yang digunakan memiliki kelembutan yang lebih maka jangan potong terlalu kecil. Sebaliknya jika Anda menggunakan bahan yang keras, maka potong menjadi bagian yang kecil agar proses pencairan sarinya lebih cepat. Dan ada pengecualian untuk jeruk nipis, jika Anda menggunakan jeruk nipis maka peras untuk mengeluarkan sarinya jangan hanya memasukkannya ke dalam air. Dan khusus untuk jeruk lemon buang kulitnya karena jika Anda tidak mengupasnya maka bisa menghasilkan rasa pahit.

Untuk perendaman buah atau bahan lain juga disesuaikan dengan bahan campuran yang digunakan. Karena semakin kecil potongan buah maka proses perendaman yang dilakukan akan semakin cepat begitu pun jika potongan bahannya lebih besar maka biasanya waktu perendaman akan lebih lama. Waktu perendaman biasanya dilakukan di dalam lemari pendingin. Hal ini bertujuan untuk menambah kesegaran dari detox water tersebut. Namun ingat, jangan biarkan wadah dari detox water tersebut terbuka. Karena jika terbuka bisa terkontaminasi oleh udara dari lemari pendingin yang mungkin tidak segar. Selain itu kuman juga bisa masuk ke dalam detox water sehingga bisa menimbulkan penyakit atau bahaya lainnya karena kuman.

Manfaat dari detox water bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin dan jarak waktu yang kerap. Untuk selang waktu konsumsi detox water biasanya juga disesuaikan dengan kadar vitamin atau kandungan lain yang dibutuhkan, semakin besar vitamin atau kandungan lain yang dibutuhkan maka konsumsi detox water akan semakin kerap. Misalnya dengan 2 kali sehari. Namun jika Anda hanya ingin mendapatkan kesegaran air dari detox water Anda bisa mengkonsumsinya dengan jarak waktu yang cukup lama, misalnya 3 kali seminggu.

Semoga informasi cara membuat detox water di atas bisa bermanfaat.

Share.

Leave A Reply