RANCAH POST – Diperkenalkan ke pasar global pada bulan Maret lalu, smartphone gaming terbaru pabrikan Asus yaitu seri ROG Phone 5 akhirnya tiba di Tanah Air. Lantas seperti apa spesifikasi dan berapa banderol harga Asus ROG Phone 5 di Indonesia?

Berbeda dengan pasar global dan China, perusahaan asal Taiwan tersebut hanya memboyong ROG Phone 5 dan ROG Phone 5 Ultimate. Artinya, ROG Phone 5 Pro tidak ikut rilis di Tanah Air.

Asus ROG Phone 5

Dari segi spesifikasi sudah jelas bahwa seri ROG Phone punya peningkatan yang sangat signifikan dibanding pendahulunya seri ROG Phone 3.

Namun dilihat dari desain, ponsel ini gaming terlihat sangat mirip dengan ROG Phone 3. Namun sebagai pembeda, Asus telah menyematkan logo ‘ROG’ yang ikonik yang didesain dengan deretan matriks.

Nah, desain logo matriks tersebut tampaknya terinspirasi dari laptop gaming ROG Zephyrus G14 atau Lightning Armor Case ROG Phone 3.

Di sudut kiri atasnya terpatri tiga buah kamera yang disusun horizontal. Ketiga kamera tersebut terdiri dari sensor utama 64 MP, ultrawide 13 MP dan macro 5 MP.

Lanjut ke sisi depan, ROG Phone 5 hadir dengan layar AMOLED seluas 6.78 inci yang menghasilkan resolusi 1080 x 2448 piksel dan sudah dilapisi kaca pelindung terkuat, yakni Gorilla Glass Victus.

Bicara soal fitur, layar hp gaming satu ini memiliki kemampuan refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 300 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 1.200 nits, mampu menampilkan konten HDR10+ dan di dalamnya sudah tersemar sensor pemindai sidik jari.

Untuk kebutuhan selfie dan panggilan video, ROG Phone 5 punya kamera depan 24 MP yang disematkan di bezel atas layarnya.

Kemudian untuk urusan kinerja, Asus mempercayakannya pada chipset powerfull dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888 yang disandingkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB serta memori internal berteknologi UFS 3.1 berkapasitas 128 GB dan 256 GB.

Urusan manajemen daya, ROG Phone 5 ditopang baterai 6.000 mAh yang diklaim telah mendukung fitur HyperCharge 65W. Fitur tersebut mampu mengisi daya baterai hingga terisi 70% dalam waktu 30 menit.

Asus ROG Phone 5 Ultimate

Ini merupakan varian tertinggi dari seri ROG Phone 5, desain punggungnya sedikit berbeda dengan ROG Phone 5. Alih-alih menggunakan lampu ROG bernuansa matriks, ROG Phone 5 Ultimate dihiasi dengan layar yang dijuluki ROG Vision.

Layar tersebut diklaim mampu menampilkan animasi dan gambar preferensi pengguna dari menu pengaturan layar di dalam ponsel, sehingga bisa dibilang lebih dinamis dibanding versi reguler.

Perbedaan lainnya terdapat di konfigurasi memori, di mana ROG Phone 5 Ultimate datang dengan RAM 18 GB yang diklaim pertama di dunia, serta memori internal yang cukup lega, yaitu 512 GB.

Harga

Asus ROG Phone 5 tersedia dalam pilihan warna Phantom Black dan Strom White, harganya adalah Rp 10 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

BACA JUGA: Smartphone Gaming Nubia Red Magic 6 Bakal Rilis di Indonesia Bulan Depan

Sedangkan harga Asus ROG Phone 5 varian RAM 12 GB dan memori internal 256 GB sebesar Rp 15 juta. Sayangnya, Asus belum mengumumkan secara resmi harga dari ROG Phone 5 Ultimate.

Share.

Leave A Reply