Selasa, November 24, 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Cara Merawat Rambut Panjang Agar Sehat dan Tidak Rontok

Cara Merawat Rambut Panjang Agar Sehat dan Tidak Rontok

RANCAH POST – Cara merawat rambut panjang agar tetap sehat dan tidak rontok ternyata mudah lho, tentunya dengan melakukan perawatan sederhana yang hemat biaya. Penasaran?

Tak dapat dipungkiri, kerontokan menjadi salah satu masalah rambut panjang yang kerap dihadapi oleh kaum wanita. Ketika masalah ini muncul, pastinya kita ingin segera mengatasinya.

Padahal, mempunyai rambut panjang yang sehat dan terhindar dari kerontokan bisa membuat penampilan kita semakin kece. Sebaliknya, rambut yang rontok dan tidak sehat bikin kita tidak nyaman.

Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah tentunya kita harus rajin merawatnya dengan cara yang baik dan benar.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut kita rusak hingga mengalami kerontokan, bisa karena perawan yang salah, produk sampo yang tidak cocok, dan masih banyak yang lainnya.

Tips merawat rambut panjang wanita secara alami tidaklah seribet yang dibayangkan, jangan malas merawatnya kalau mau punya rambut yang sehat.

Cara Merawat Rambut Panjang

Langsung saja, berikut ini beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

Keramas secara teratur

Supaya rambut panjangmu tetap sehat dan bersih, rutin dan teraturlah mencuci rambut alias keramas. Hindari keramas terlalu sering dan jangan juga terlalu jarang.

Selain itu, gunakanlah produk sampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambutmu. Jangan lupa gunakan kondisioner biar rambut terjaga kelembapannya, gunakanlah produk kondisioner yang tepat.

Rutin dan teratur memotong ujung rambut

Cara merawat rambut panjang wanita yang selanjutnya adalah rutin memotong ujung rambut. Seperti diketahui, ujung rambut merupakan bagian yang rentan rusak.

Apabila bagian ujung rambut yang rusak dibiarkan dan tidak dipotong, kemungkinan juga kerusakannya dapat merabat ke bagian rambut lainnya yang masih sehat.

Untuk itu, potonglah sedikit ujung rambut secara rutin dan teratur setidaknya setiap 10-12 minggu sekali.

Berbeda dengan kamu yang kerap mencatok rambut, idealnya potonglah rambut setiap 6-8 minggu sekali.

Pakai masker rambut dari bahan alami

Manfaat menggunakan masker dari bahan alami untuk rambut bisa membuat rambut semakin ternutrisi dari luar. Kamu bisa membuat dan menggunakan masker ini sendiri di rumah.

Sejumlah bahan alami penyubur rambut yang bisa kamu gunakan adalah masker buah alpukat, madu, seledri pisang dan masih banyak yang lainnya. Rambut sehat ternutrisi dan bebas dari masalah rambut.

Jangan keseringan pakai hair dryer dan alat penata rambut lainnya

Cara merawat rambut panjang agar tidak rontok yang berikutnya adalah hindari menggunakan hair dryer terlalu sering. Jika hendak menggunakannya, lakukan cara memakai hair dryer yang benar.

Karena jika tidak, risiko munculnya masalah rambut bisa terjadi. Sebaiknya, kurangi penggunaan hair dryer atau alat styling lainnya, cukup keringkan rambut dengan cara didiamkan saja hingga mengering sendiri.

Hindari menyisir ketika rambut masih basah

Manfaat menyisir untuk kesehatan rambut memang sangat banyak. Namun, hindarilah menyisir pada saat rambut masih dalam keadaan basah karena tidak baik untuk rambut.

Ketika menyisir saat rambut basah, rambut pun jadi mudah patah dan bisa jadi penyebab rambut rontok serta rambut bercabang.

Jadi, sisirlah ketika rambut mulai mengering ya, guys. Jangan lupa, lakukan cara yang benar ketika menyisir, mulai dari bawah.

Itulah beberapa cara merawat rambut panjang secara alami dan mudah. Selain itu, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here