Kamis, 1 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Penyebab Gigi Kuning Padahal Sudah Rajin Menyikatnya

6 Penyebab Gigi Kuning Padahal Sudah Rajin Menyikatnya

RANCAH POST – Sebagian orang mungkin kerap merasa kebingungan mengenai penyebab gigi mereka menjadi berwarna kuning permanen padahal selalu rajin sikat gigi setiap harinya.

Padahal gigi yang sehat dan putih bersih merupakan idaman semua orang, karena bisa membuat rasa percaya diri semakin meningkat ketika senyum atau berbicara dengan seseorang.

Ketika memiliki gigi yang berwarna kuning, kita pun ingin segera mengatasinya. Selain mengatasi, kamu pun harus tahu apa yang menyebabkan gigimu menjadi kuning.

Karena ternyata, tidak hanya faktor genetik, gigi yang kuning juga dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan setiap harinya yang membuat enamel terkikis.

Untuk itu, lakukan cara merawat gigi dengan benar agar hal ini tidak terjadi dan kamu pun bisa tetap percaya diri ketika senyum dengan gigi yang sehat.

Selain itu, kenali juga beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning seperti yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Penyebab Gigi Kuning

Langsung saja, berikut di bawah ini kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan gigi menjadi kuning karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau yang menempel pada email gigi.

Dalam waktu yang singkat, efek ini pun bisa terjadi. Mereka yang merupakan perokok berat bahkan bisa punya gigi yang berwarna kecoklatan atau hitam usai merokok selama bertahun-tahun.

Terlalu keras dan cepat saat sikat gigi

Kesalahan saat menyikat gigi ternyata bisa jadi penyebab gigi menjadi berwarna kuning dan berkarang.

Menyikat gigi terlalu keras dan cepat dapat membuat gigi kuning karena tekanan bisa merusak dan membuat lapisan enamel terkikis.

Untuk itu, lakukan cara menggosok gigi yang benar agar terhindar dari masalah gigi kuning. Selain itu, rutinlah menyikat gigi dua kali sehari.

Sering minum teh dan kopi

Siapa sangka, dua kebiasaan ini bisa menyebabkan gigi menjadi kuning karena mengandung zat yang disebut tanin yang bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning.

Tanin akan menempel pada lapisan terluar gigi, sehingga secara perlahan dapat membuat warna gigi menguning. Perlu diketahui, teh mengandung tanin yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi.

Mengkonsumsi buah asam terlalu sering

Penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya memang kerap menjadi dua hal yang ingin diketahui orang-orang agar masalah gigi kuning cepat teratasi.

Selain minum kopi dan teh, gigi kuning juga bisa disebabkan oleh mengkonsumsi buah-buahan yang asam seperti nanas, jeruk, lemon, tomat, beri dan lainnya.

Manfaat buah jeruk, lemon dan lainnya untuk kesehatan memang banyak, namun keseringan mengkonsumsinya bisa membuat warna gigi berubah.

Untuk mencegah gigi kuning, sebaiknya imbangi dengan asupan air usai makan buah tersebut.

Keseringan berkumur dengan obat kumur

Meski bisa membuat nafas segar dan terhindar dari bau mulut, namun kandungan asam yang ada di dalamnya ternyata cukup tinggi.

Apabila kamu menggunakannya terlalu sering, bisa membuat mulut jadi kering hingga akhirnya merusak email gigi.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketika mulut kering, air liur tidak bekerja maksimal dalam membantu menjaga lemebaban mulut, membasmi bakteri jahat, mengurangi tingkat keasaman serta mencegah noda menempel pada enamel.

Penuaan

Tidak hanya karena kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan setiap hari, penyebab gigi kuning juga bisa karena penuaan.

Lapisan terluar dari enamel akan terkikis seiring bertambahnya usia. Akhirnya, warna asli dentin yang berwarna kuning pun makin tampak.

Demikian beberapa penyebab gigi kuning yang bisa terjadi padahal kamu rajin sikat gigi. Semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,933FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan