RANCAH POST – Merokok ternyata tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan fisik, seperti jantung atau paru-paru. Lebih dari itu, merokok dapat mengganggu penampilan.

Berdasar sebuah penelitian baru, perokok akan memerlihatkan kantong di bawah mata dan kerutan di sekitar bibir mereka lebih awal dari non-perokok. Para peneliti mengatakan bahwa merokok 57 persen akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari waktu ke waktu.

“Merokok membuat Anda terlihat lebih tua. Selain kanker, serangan jantung, paru-paru dan stroke, hanya asatu alasan yang mengharuskan kita berhenti merokok, yaitu membuat Anda terlihat jauh lebih tua,”ujar Dr. Elizabeth Tanzi, dikutip Newsmaxhealth.

Dokter kulit yang tidak terlibat dalam penelitian, Tanzi, dari the Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery and George Washington University Medical Center menegaskan hasil penelitian tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa penelitian tersebut tidak memerhitungkan berapa banyak rokok yang dihisap oleh perokok setiap harinya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa meskipun berat badan perokok dan non-perokok hampir serupa, para peneliti dalam penelitian tersebut belum mengetahui apakah perbedaan distribusi lemak memengaruhi penampilan wajah.

Lebih lanjut, Tanzi mengatakan bahwa racun yang dikandung rokok dapat memercepat kerusakan kolagen dan serat protein yang menunjang kesehatan kulit. Selain itu, ia juga mengatakan bila merokok juga mengurangi jumlah oksigen ke kulit.

“Anda harus berhati-hati karena beberapa dari perubahan itu mungkin bersifat permanen. Namun, efek dari berhenti merokok bersifat kumulatif, jadi Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berhenti merokok setiap saat,” pungkasnya.

Share.

Leave A Reply