Senin, 28 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Akibat Malas Mandi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

5 Akibat Malas Mandi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

RANCAH POST – Akibat malas mandi ternyata bisa menimbulkan dampak buruk yang wajib diwaspadai. Apakah kamu salah satu orang yang sering malas mandi?

Banyak hal yang bisa menjadi alasan seseorang malas mandi, mulai dari cuaca dingin, masih ngantuk dan lain sebagainya.

Apalagi pada saat hari libur, mandi adalah kegiatan yang mungkin paling dihindari oleh sebagian orang.

Padahal mandi memiliki manfaat yang sangat banyak dan bukan sekedar membersihkan badan dari seluruh kotoran dan kuman saja, namun mandi juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Agar tak lagi malas mandi, di artikel kali ini Rancah Post akan membahas mengenai dampak buruk kamu sering malas mandi.

Akibat Malas Mandi

Langsung saja, berikut ini beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh sering malas mandi.

Bau badan

Hal pertama yang pastinya dialami ketika kamu sering malas mandi adalah timbulnya aroma tak sedap dari badanmu.

Mungkin selama ini kamu mengira penyebab bau badan itu disebabkan oleh keringat. Namun, ternyata itu kurang tepat.

Sebenarnya bau badan itu adalah gas yang dikeluarkan oleh bakteri lantaran mereka mengonsumsi protein tubuh dan asam lemak.

Atau lebih sederhananya, bau badan itu penyebabnya karena eksresi gas bakteri. Untuk itu, meski tubuh tidak mengeluarkan keringat, tidak mandi bisa membuat bau badan semakin cepat muncul.

Dermatitis neglecta

Dermatitis neglecta merupakan kondisi kulit yang secara khusus dapat terjadi akibat kebiasaanmu yang tidak menjaga kebersihan badan alias malas mandi.

Tidak mandi bisa membuat sel kulit mati terbentuk sedemikian rupa sehingga semakin lama akan menumpuk dan susah untuk dibersihkan.

Kondisi ini bisa sembuh dengan mandi, namun ada beberapa kasus yang membutuhkan penanganan medis.

Muncul masalah kulit atau penyakit kulit

Dampak buruk akibat orang malas mandi selanjutnya bisa menimbulkan masalah kulit atau penyakit kulit seperti kurap, jamur dan panu. Mandi hanya sekali sehari bisa menimbun debu dan kuman yang bisa menempel di kulit.

Meskipun hanya berdiam diri di rumah dan tidak beraktivitas di luar, kamu tentu tetap ‘berinteraksi’ dengan kuman-kuman yang berada di sekitar, seperti di tempat tidur, bantal, sofa dan lainnya.

Kotoran dan kuman yang tertimbun di kulit bisa menimbulkan rasa gatal apabila kerap menunda atau malas mandi.

Rasa gatal tersebut bisa menimbulkan infeksi di kulit. Jika kebiasaan malas mandi ini terus berlanjut, bisa menimbulkan masalah kulit seperti jamur, panu, dan kurap.

Kondisi ini akan bisa terjadi didukung oleh kebiasaanmu jarang mengganti sprei dan sarung bantal yang membuat kotoran-kotoran akan menempel di sana. Hal tersebut pun bisa membuat kotoran gampang masuk ke dalam kulit.

Tubuh jadi mudah lemas dan gerah

Dampak buruk akibat orang malas mandi bisa juga membuat tubuh jadi mudah lemas dan gerah. Coba ingat, ketika hari libur dan tidak mandi, secara tidak sadar tubuhmu menjadi mudah lemas.

Alhasil, kamu pun semakin malas melakukan aktivitas dan hanya ingin rebahan saja di kasur. Selain itu, debu dan kotoran yang menempel di tubuh bisa membuatmu merasa gatal dan tubuh menjadi lebih gerah.

Sel kulit mati di mana-mana

Hasil yang sangat menjijikan ketika kamu memiliki kebiasaan sering malas mandi ialah membuat sel-sel kulit mati menumpuk di tubuh.

Setiap menit sepanjang hari, kamu kehilangan sekitar 30 ribu sampai 40 sel kulit dari permukaan tubuh. Dengan rutin mandi, sel-sel kulit mati itu pun akan bersih.

Nah, itu dia beberapa dampak buruk akibat malas mandi yang wajib kamu ketahui. Masih mau malas mandi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,947FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan