23.6 C
Ciamis
Beranda Lifestyle Kecantikan Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin, Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin, Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Manfaat mandi pagi tak banyak orang yang mengetahuinya. Ternyata segudang manfaat saat kita mandi pagi ini baik untuk kesehatan. Sebelum melakukan aktivitas pastinya kita akan mandi terlebih dahulu dan sudah seakan menjadi hal wajib bagi kita.

Namun, di kala sedang hari libur pastinya sangat mager alias males gerak bahkan hanya untuk sekedar mandi saja. Gaya gravitasi saat berada di atas kasur terasa begitu berat, sehingga membuat kita tak ingin beranjak.

Perlu kamu ketahui mandi pagi hari apalagi menggunakan air dingin ternyata mempunyai segudang manfaat yang mungkin jarang orang ketahui.

Penasaran, ingin tahu apa manfaatnya? Di artikel ini kami telah menyiapkan berbagai manfaat yang diperoleh bagi kamu yang rajin mandi setiap pagi pakai air dingin.

Manfaat Mandi Pagi

Mandi pagi ternyata punya banyak manfaat, berikut ini kami pembahasannya. Yuk simak, beberapa manfaatnya. Jangan sampai ada yang terlewat.

Meningkatkan kinerja jantung

Ketika membayangkan dingin air di pagi hari lalu menyiram tubuh kamu pastinya bikin merinding. Tapi, ketika badan kita disiram dengan air dingin terutama saat pagi hari akan memberikan respon yang baik.

Ketika tubuh kamu terasa kedinginan akibat mandi air dingin, maka tubuhmu akan mencari udara yang lebih hangat di luar.

Hal tersebut tentunya akan membuat meningkatnya kadar oksigen dalam tubuh. Kadar oksigen yang tinggi akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik.

Selain itu, mandi pagi juga akan membuat kamu seakan dapat saluran energi untuk lebih semangat mengawali aktivitas.

Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat mandi tentunya dapat membuat badan kamu wangi, namun selain itu mandi air dingin di pagi hari dapat memperlancarkan sirkulasi darah dalam tubuhmu.

Ketika air dingin membasahi tubuh, maka arteri memberi respon dengan menyalurkan darah lebih baik dan lancar ke seluruh tubuh.

Selain itu, mandi pagi punya manfaat untuk dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengurangi stres

Sering kali kamu merasa terbebani dengan semua aktivitas yang kamu hadapi dan ketika pagi hari saat ingin memulai hari rasanya sangat malas seakan tak bersemangat, bahkan hanya untuk sekedar mandi.

Pergilah mandi menggunakan air dingin agar dapat meningkatan toleransi tubuh akan stres, bahkan penyakit. Hal tersebut karena ketika kamu terbiasa mandi air dingin, antioksidan bernama gluthatione akan membuat zat antioksidan yang lainnya ikut bekerja secara maksimal.

Tentu saja kinerja zat antioksidan yang maksimal, bisa membuat kamu lebih tahan akan tekanan stres yang dapat kapan saja kamu alami.

Membuat kulit dan rambut semakin cantik

Mandi air dingin di pagi hari bisa menjadi salah satu pilihan agar kulit dan rambut kamu semakin cantik dan indah.

Mandi menggunakan air dingin dapat membuat kulit akan mengencang. Pori-pori kulit pun akan mengecil hingga dapat mencegah debu dari luar yang masuk.

Manfaat mandi pagi pakai air dingin juga bisa membuat rambut kamu menjadi lebih kuat, sehat dan tidak mudah kusam.

Membantu mengurangi berat badan

Jangan salah paham dulu, guys. Bukan berarti jika kita sering mandi pagi dengan air dingin akan membuat badan kita secara ajaib akan turun drastis. Namun, jika kita mandi dengan air dingin akan membantu dalam proses menurunkan berat badan.

Tubuh memiliki 2 jaringan lemak, yakni lemak coklat dan lemak putih. Lemak coklat adalah lemak yang baik dan berguna untuk menciptakan panas dalam tubuh. Sedangkan lemak putih adalah lemak yang kita peroleh dari mengonsumsi makanan berlebih.

Lemak coklat atau lemak baik ini akan aktif ketika tubuhmu berada dalam keadaan kedinginan. Maka dari itu, mandi pagi dengan air dingin dapat memicu aktivitas lemak baik yang kemudian bisa berubah menjadi energi panas dalam tubuhmu.

Nah, itu tadi teman-teman, beberapa manfaat mandi pagi hari dengan air dingin yang sudah kami jelaskan. Untuk itu tidak alasan lagi untuk kamu malas mandi di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Stay Connected

105,101FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here