6 Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

6 Faktor penyebab tekanan darah tinggi – Tekanan darah tinggi atau yang kita kenal dengan hipertensi ini merupakan kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah jauh diatas angka normal dan hal ini bisa dibuktikan dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hipertensi biasanya ia akan mudah emosi dan sulit untuk mengontrol keadaan sekitar dan hipertensi ini jika dibiarkan begitu saja bisa menjadi pemicu Anda terkena serangan jantung.

Orang yang lebih rentan terkena hipertensi adalah orang dewasa yang usianya telah menginjak sekitar 40 tahun ke atas maka resiko terkena hipertensi meningkat hingga 40% sehingga pada usia-usia tersebut, pola hidup dan pola makan seseorang sangatlah menunjang kesehatannya. Jika Anda tidak menyukai makanan yang bernutrisi tinggi maka Anda akan dengan mudah terkena hipertensi. Hindari makanan seperti daging kambing atau daging merah karena di dalam daging merah terkandung lemak yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Tapi selain itu apakah Anda tahu hal apa saja yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat tajam? Berikut ini kami akan berikan informasi tentang faktor penyebab darah tinggi yang biasa terjadi pada pria dewasa.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Faktor Keturunan
Jika di dalam hidup Anda atau keluarga Anda ada yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga beresiko terkena penyakit tersebut. Untuk itu agar hal buruk tidak menimpa Anda sebaiknya mulai sekarang berlakukan pola hidup yang sehat dengan olahraga rutin dan mengatur pola makan.

Usia
Seiring bertambahnya usia semakin melemah pula sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit. Pria yang berusia diatas 45 tahun memiliki resiko hipertensi lebih besar dibandingkan dengan pria muda. Pada usia seperti ini wanita lebih beresiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi jika dibandingkan dengan pria yang seumuran dengannya.

Kurang Gerak
Orang yang kesehariannya hanya duduk di depan layar monitor, cenderung memiliki resiko lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang bekerja secara aktif. Jika ini merupakan tuntutan pekerjaan, maka Anda harus bisa mengatur waktu istirahat. Usahakan setiap 3 jam sekali Anda beristirahat dan berjalan-jalan sebentar untuk melemaskan otot yang kaku akibat duduk terlalu lama.

Stres
Beban pikiran yang kerap menghantui kita sewaktu-waktu dapat menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah. Hormon adrenalin akan meningkat ketika kita mengalami stres dan hal ini akan menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya. Biasanya orang yang tengah mengalami stres, nafsu makannya berkurang dan hal ini dapat berdampak negatif yaitu meningkatnya tekanan darah.

Berat Badan Berlebih
Untuk menghitung berat badan ideal adalah tinggi badan dikurangi 110 = berat badan ideal. Coba hitung berapa berat badan Anda dan cocokkan berapa berat badan ideal Anda. Jika berat Anda lebih besar dari berat ideal, sebaiknya Anda lakukan diet sehat karena orang yang memiliki berat badan lebih, memiliki resiko hipertensi lebih tinggi daripada yang berat badannya dibawah rata-rata.

Faktor Genre
Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa pria memiliki resiko terkena hipertensi lebih besar jika dibandingkan wanita ketika ia berusia muda. Namun jika wanita tersebut telah berumur lebih dari 60 tahun maka resiko penyakit hipertensi akan lebih mudah menyerang wanita daripada pria. Meskipun berbeda tetapi sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus menjaga pola hidup Anda dan selalu memperhatikan jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Setelah Anda mengetahui tentang penyebab timbulnya tekanan darah tinggi kami harap Anda bisa lebih waspada dan menghindari beberapa penyebab yang telah kami sebutkan tadi. Kesehatan sangat mahal harganya untuk itu kita harus benar-benar menjaganya agar selalu dalam keadaan prima.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama