Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Relationship Ketahui 7 Ciri-ciri Orang yang Baperan

Ketahui 7 Ciri-ciri Orang yang Baperan

RANCAH POST – Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri orang tersebut baperan alias bawa perasaan. Apakah kamu tipe orang yang baper?

Biasanya kita kerap menggunakan sebutan baperan bagi mereka yang terlalu sensitif dan reaktif terhadap stimulus yang ada di sekitarnya.

Saking bapernya, kita pun mesti sangat berhati-hati ketika hendak berbicara dengan mereka, intinya jangan sampai membuat mereka marah atau sedih.

Namun, setiap orang tentunya memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda, ada sifat baik dan ada sifat buruk, ada sifat cuek termasuk sifat bapera.

Kendati begitu, kita harus menghargai hal tersebut karena diri kita sendiri pun pastinya memiliki sifat yang tak melulu baik.

Lalu, tahukan kamu jika orang baperan itu ada ciri-cirinya? Jika belum tahu, di artikel kali ini kami punya pembahasannya untuk kalian.

Ciri-ciri Orang Baperan

Agar tidak penarasan, langsung saja berikut ini ciri-ciri mereka yang suka baperan alias bawa perasaan.

Lama dalam mengambil keputusan

Ilmu psikiatri memiliki istilah dalam mendefinisikan orang baperan yang kerap disebut Highly Sensitive Person (HSP).

Ciri-ciri pertamanya adalah mereka yang lama atau sulit dalam mengambil keputusan. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu tidak ingin keputusan yang diambil itu salah sehingga malah merugikan.

Hal ini bisa terjadi ketika kamu mengambil keputusan besar ataupun kecil dalam kehidupan.

Misalnya saja, saat kamu memerlukan waktu berhari-hari untuk memutuskan apa yang digunakan untuk datang ke acara tertentu.

Orang baperan juga cenderung kesal serta kewalahan menghadapi kenyataan kalau seandainya keputusan yang diambil itu kurang tepat dan berdampak buruk.

Gampang tersinggung

Ciri-ciri orang posesif, atau cuek, hingga baperan tentu bisa kita lihat dari sikapnya. Misalnya, mereka yang baperan biasanya tidak bisa menerima masukkan atau kritikan dari orang lain.

Alhasil, mereka bisa mudah tersinggung ketika orang lain memberinya kritikan atau masukkan. Bahkan, mereka tidak ragu untuk menjauhi orang tersebut.

Selain itu, pada saat kritikan atau masukkan yang diterimanya itu menyakiti hatinya, mereka juga akan melakukan perlawanan.

Rentan cemas dan depresi

Ciri-ciri orang yang baperan selanjutnya adalah mereka yang rentan cemas dan depresi. Ketika kamu mendapat pengalaman buruk, terutama di awal kehidupan, kamu akan cenderung merasakan tidak aman di lingkungan sekolah, rumah, bahkan tempat kerja.

Otomatis, kamu pun rentan merasakan kecemasan dan stres. Apalagi jika kamu punya trauma yang susah dilupakan saat masa kecil, kecenderungan jadi depresi lebih mungkin terjadi serta membuat kamu mudah baper.

Overthinking

Overthinking alias berpikir terlalu dalam merupakan ciri yang melekat pada mereka yang baperan.

Misalnya, ketika ada ucapan seseorang yang menyakiti hatinya, atau seseorang yang memperlakukannya berbeda dari biasanya, hal tersebut bakal mereka pikirkan.

Setiap perkataan dan sikap orang lain yang menurut mereka ini berbeda akan terus dipikirkan siang dan malam. Mereka juga akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut terjadi.

Tak jarang, tipe orang seperti ini malah menyalahkan diri mereka sendiri atas semua hal buruk yang terjadi kepadanya.

Sulit menerima perubahan yang terjadi secara tiba-tiba

Ciri-ciri orang yang baperan juga biasanya sulit menerima perubahan yang terjadi secara mendadak dan tidak seperti rencana awal.

Orang yang baperan juga biasanya suka dengan suatu hal yang sudah terjadwal dan sifatnya konsisten.

Menanggapi sesuatu dengan serius

Orang yang baperan akan memikirkan banyak hal terlalu serius, mereka juga tak bisa memilah mana yang lebih penting dan tidak untuk dipikirkan.

Alhasil, semua hal-hal yang sepele pun akan mereka pikirkan secara serius sampai membuat hal sepele itu seolah menjadi sebuah masalah yang besar.

Orang sering menyebutmu sensitif

Nah, ciri-ciri yang satu ini juga pastinya kerap dialami oleh orang yang baperan. Orang-orang di sekitarmu tentunya sudah mengetahui dan paham betul jika kamu ini orangnya sangat sensitif sekaligus baperan.

Mereka pun sering bilang, “tidak usah terlalu dipikirkan, kamu sensitif sama baperan banget sih!”.

Tak jarang, mereka juga bakalan heran dengan kamu yang cepat marah, cepat ngambek, mudah tersinggung dan lainnya.

Padahal penyebabnya adalah hal sepele yang menurut orang-orang itu sesuatu yang wajah. Kamu pun sering mendapat sindiran seperti itu bukan?

Demikianlah beberapa ciri-ciri orang yang suka baperan. Apakah ciri-ciri di atas ada pada dirimu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan