Kamis, 29 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Wajib Dihindari!

7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan, Wajib Dihindari!

RANCAH POST – Perlu Anda ketahui jika ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari setelah makan karena bisa mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Banyak kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang, mulai dari merokok, berbaring, bahkan sampai tidur setelah makan.

Namun, beberapa kebiasaan setelah makan yang kerap kita lakukan setiap tentu memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan, terutama kesehatan pencernaan.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan organ tubuh lainnya, tentu kita harus menerapkan gaya hidup sehat sekaligus pola makan yang benar dan teratur.

Nah, lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang sebaiknya kita hindari usai makan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan?

Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan tidak baik setelah makan.

Tidur

Kalau kebiasaan yang satu ini tentu Anda sudah mengetahuinya karena memang tidak baik dilakukan setelah selesai makan. Namun anehnya, masih saja ada sebagian orang yang melakukan kebiasaan buruk ini.

Bahaya tidur setelah makan ternyata bisa menimbulkan berbagai gangguan pencernaan, di antaranya ialah timbulnya rasa panas di ulu hati, asam lambung dan kembung.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena tidur setelah makan bisa membuat makanan yang baru kita makan tidak bisa dicerna dengan baik. Tak hanya sebabkan asam lambung, tidur setelah makan juga bisa bikin berat badan naik.

Merokok

Kebiasaan buruk setelah makan yang satu ini agaknya kerap dilakukan oleh kaum pria. Merokok setelah makan memiliki bahaya 10x lipat lebih bahaya dibandingkan sehari-harinya.

Hal tersebut karena peredaran darah yang meningkat. Ketika pencernaan sedang aktif dan Anda merokok setelah makan, nikotin yang Anda hisap dapat diserap dua kali lipat ke dalam tubuh.

Alhasil, efek berbahaya dari nikotin akan dua kali lipat dirasakan. Tak hanya itu, tembakau dalah rokok bisa memperhambat penyerapan vitamin C, D, dan kalsium dari makanan yang dikonsumsi.

Mandi

Sebaiknya hindarilah kebiasaan mandi setelah makan, hal tersebut karena suhu tubuh kita akan menurun setelah makan dan jika dilangsungkan mandi sesaat setelah makan akan membuat suhu tubuh naik.

Dengan begitu, volume aliran darah pada saluran usus dan lambung bisa berkurang. Fungsi lambung pun bisa menjadi lemah serta sistem pencernaan kacau.

Minum teh

Minum teh merupakan kebiasaan buruk yang berikutnya Anda harus hindari setelah makan. Teh mengandung zat tannin yang bisa menyerap sari-sari makanan.

Hal tersebut tentunya bisa memperhambat penyerapan zat besi, jika terus menerus dilakukan tubuh pun bisa kekurangan zat besi atau anemia.

Setidaknya hindari minum teh 1 jam setelah makan, terutama anak-anak, ibu hamil, dan mereka yang kekurangan zat besi.

Minum air dingin

Selain minum teh, minum air dingin atau air es juga merupakan kebiasaan yang harus dihindari setelah makan.

Perlu Anda ketahui, minum es setelah makan membuat makanan tidak bisa dicerna akibat bertemu dan menggumpalnya sari makanan dengan air es.

Mengkonsumsi buah-buahan

Kebiasaan buruk setelah makan yang satu ini tak kalah penting untuk Anda hindari. 1-2 jam merupakan waktu yang dibutuhkan lambung untuk menyerap sari-sari makanan.

Apabila lambung yang belum sempurna melakukan penyerapan terisi oleh buah, proses penyerapan pun bisa terganggu.

Proses penyerapan yang terganggu ini disebabkan oleh udara yang ikut masuk ke dalam lambung. Kalau terus berlanjut, gejala perut kembung dan diare bisa timbul.

Olahraga

Kebiasaan ini bisa menyebabkan timbulnya rasa tidak nyaman, mulai dari cegukan, kejang, nyeri perut atas, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebelum olahraga Anda harus mengatur makanan yang dikonsumsi. Anda membutuhkan waktu setidaknya dua jam setelah makan untuk melakukan olahraga.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk setelah makan yang sebaiknya Anda hindari. Selain itu, hindari juga melonggarkan ikat pinggang setelah makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan