Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

RANCAH POST – Selalu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara yang tepat itu sangat penting agar terhindar dari gangguan pencernaan yang bisa kapan saja Anda alami.

Tentu Anda tidak ingin bukan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, perut kembung, sakit perut dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, sistem pencernan merupakan organ yang penting untuk keberlangsungan fungsi tubuh.

Mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar adalah organ-organ pencernaan yang perlu kita jaga kesehatannya.

Jika sudah terjadi masalah-masalah pencernaan seperti yang sudah disebutkan tadi, tentu itu akan membuat Anda menjadi tidak produktif dalam menjalani hari.

Bahkan jika sudah benar-benar parah, bisa saja Anda harus terbaring di atas tempat tidur untuk beristirahat.

Kesehatan pencernaan bisa dijaga dengan kita selalu menerapkan pola hidup sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik yang tentunya baik untuk kesehatan.

Agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik, berikut ini beberapa cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini dengan konsisten dapat menjadi cara memelihara kesehatan pencernaan.

Memperbanyak konsumsi makanan berserat

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya gangguan pencernaan, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Terlalu banyak mengkonsumsi nasa dengan lauk yang berlemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Dua makanan tersebut bisa membuat Anda cepat mengantuk hingga rentan terkena sembelit. Untuk menghindari kedua hal itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Ada baiknya juga untuk mengkonsumi makanan berserat agar organ pencernaan terjaga kesehatannya.

Banyak jenis makanan yang mengandung serat yang bisa Anda konsumsi, mulai dari sayur-sayuran hijau, buah, dan beberpa jenis biji-bijian.

Konsumsi lemak sehat

Cara menjaga kesehatan pencernaan memang harus dilakukan sejak sekarang agar terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan.

Apakah Anda selalu berpikir jika semua lemak itu berdampak tidak baik untuk tubuh? Namun ternyata tidak, karena ada banyak lemak yang baik untuk tubuh.

Lemak yang sehat dapat membantu sistem pencernaan serta mencegah terjadinya inflamasi di area usus dan sekitarnya.

Selain itu, lemak sehat juga bisa dijadikan sebagai sumber tenaga yang cukup banyak. Banyak cara untuk mendapatkan lemak yang sehat, di antaranya dari buah-buahan seperti alpukat dan beberapa jenis biji-bijian.

Lalu, Anda bisa memilih ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna. Tentu saja, makanan-makanan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Memenuhi kebutuhan cairan

Jika ingin menjaga kesehatan pencernaan, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan kebiasaan baik selalu minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

Dengan begitu, sistem pencernaan pun dalam bekerja dengan baik. Feses yang dikeluarkan pun mudah karena menjadi lebih lunak dan sembelit pun tidak terjadi lagi.

Manfaat minum air putih sangatlah banyak. Setidaknya, minumlah 8 gelas atau setara dengan 2 liter air setiap harinya.

Konsumsi makanan real food

Perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya supaya pencernaan lebih sehat dan terhindar dari gangguan pencernaan.

Cobalah untuk membiasakan diri memasak makanan yang ingin dikonsumsi. Dengan begitu, Anda pun dapat mengatahui dan mengatur jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh serta mengkonsumsi real food.

Kelola stres

Mengelola stres ternyata termasuk pada cara menjaga kesehatan pencernaan. Hormon kortisol dapat banyak diproduksi ketika tubuh sedang stres.

Hormon kortisol dapar menjadi penyebab timbulnya gangguan pencernaan yang akhirnya memicu terjadinya sembelit, mual atau diare.

Selain itu, pola makan dapat terpengaruhi jika seseorang sedang mengalami stres yang berlebihan.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan pencernaan. Selain cara di atas, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga dan mengurangi mengkonsumi alkohol serta merokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here