Beranda Kesehatan Ibu Hamil Muda Harus Tahu, Ini 5 Pantangan Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Ibu Hamil Muda Harus Tahu, Ini 5 Pantangan Makanan yang Sebaiknya Dihindari

0
Ibu Hamil Muda Harus Tahu Ini 5 Pantangan Makanan yang Sebaiknya Dihindari
Ilustrasi. (IST/NET)

RANCAH POST – Ketahuilah meski sedang hamil muda atau hamil tua, tentunya ada sejumlah makanan pantangan yang sebaiknya ibu hindari untuk dikonsumsi.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil itu tentunya demi untuk kesehatan calon buah hati yang ada di dalam kandungan serta ibu yang mengandungnya.

Semua ibu yang sedang hamil tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk calon anaknya, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan melakukan hal-hal lainnya.

Seperti diketahui, asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi tentunya akan berdampak juga bagi janin dalam kandungan.

Jika makanan tersebut sehat dan bernutrisi, tentunya akan membantu buah hati Anda untuk dapat tumbuh dengan sehat.

Untuk itu, selama masa kehamilan kita harus benar-benar menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Akan tetapi, sebagian ibu hamil mungkin belum mengetahui makanan apa saja yang boleh dan dilarang dikonsumsi selama masa masa kehamilan.

Nah, agar tidak kebingungan dan menjadi lebih tahu, di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa rekomendasi makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil muda.

Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

Larangan makanan untuk ibu hamil muda berikut ini diduga kuta bisa berdampak buruk bahkan membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

Ikan bermerkuri tinggi

Pantangan makan saat hamil muda yang pertama adalah ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi di dalamnya.

Diketahui, ketika kita makan makanan yang terpapar merkuri dalam jumlah yang tinggi, bisa menjadi racun untuk sistem saraf, daya tahan tubuh, serta ginjal.

Hal tersebut juga termasuk bisa menjadi penyebab gangguan perkembangan serius pada otak bayi lantaran ditemukan di laut yang tercemar merkuri.

Beberapa jenis ikan yang bermerkuri tinggi adalah hiu, raja makarel, ikan todak, tuna, dan lainnya.

Semakin besar ukuran ikan, semakin banyak pula merkuri yang ada di dalamnya. Untuk itu, pilihlah ikan yang tepat dan baik untuk dikonsumsi selama hamil.

Steak yang setengah matang

Bagi pecinta makanan setengah matang, ternyata hal ini menjadi pantangan untuk ibu yang sedang hamil muda.

Hal ini karena daging sapi yang setengah matang kemungkinan besar masih memiliki kandungan parasit toksoplasmosis yang bisa membahayakan si kecil.

Tak hanya daging sapi, daging ayam, kalkun, bebek, dan babi juga demikian. Maka, masaklah daging hingga benar-benar matang sempurna.

Hati hewan

Untuk sementara waktu, selama hamil sebaiknya hindarilah mengkonsumsi jeroan (hati ayam atau sapi) karena kandungan vitamin A di dalamnya yang tinggi.

Meski baik untuk kesehatan, namun mengkonsumsi vitamin A terlalu banyak bisa berbahaya bagi janin dalam kandungan Anda.

Telur setengah matang

Tidak hanya steak, telur setengah matang juga menjadi makanan pantangan untuk ibu hamil muda yang sebaiknya Anda hindari.

Menjadi pantangan karena telur setengah matang mengandung bakteri Salmonella aktif yang bisa menginfeksi ibu dan janin.

Ketika terinfeksi Salmonella, biasanya gejala yang akan dialami ibu hamil adalah mual, muntah, demam, hingga diare.

Sementara itu, dalam kasus yang jarang, infeksi Salmonella bisa membahayakan janin, di antaranya menyebabkan infeksi cairan ketuban yang bisa menyebabkan keguguran.

Jus buah yang mentah dan buah yang tidak dicuci dulu

Makanan pantangan makanan saat hamil muda selanjutnya adalah buah yang tidak dicuci sebelum dimakan dan mengonsumsi jus buah mentah.

Hal ini termasuk ke dalam jus kemasan yang tidak dipasteurisasi dan jus di pinggir jalan yang buahnya tidak dicuci terlebih dahulu.

Jus buah atau sayur yang tidak dicuci terlebih dahulu mengandung bakteri E.coli dan Salmonella yang membahayakan. Agar lebih higienis, ada baiknya untuk membuat jus sendiri di rumah.

Nah, itu dia beberapa makanan pantangan untuk ibu hamil muda yang sebaiknya dihindari. Selain itu, hindari merokok, minum minuman beralkohol, dan hindari makan dengan terburu-buru.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here