Minggu, 20 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Menyusui

6 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Menyusui

RANCAH POST – Selalu mengkonsumsi makanan sehat ketika sedang menyusui sangat penting untuk kelancarakan ibu memberikan ASI pada sang buah hati tercinta.

Seperti yang sudah kita ketahui, ketika sedang dalam masa menyusui, seorang ibu tidak hanya memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri, namun juga untuk si kecil.

Terutama selama 6 bulan pertama, di mana si kecil mendapatkan ASI ekslusif, ia hanya mendapatkan nutrisi yang berasal dari ASI yang ibu berikan.

Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk memilih makanan yang tepat dan sehat untuk dikonsumsi agar ASI yang didapatkan oleh si kecil berkualitas.

Ketika buah hati Anda mendapatkan ASI yang berkualitas, tentu saja si kecil akan sehat dan lincah.

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. Langsung saja, ini dia pembahasannya.

Wortel

Manfaat wortel untuk kesehatan memang luar biasa, termasuk untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Sayuran ini mengandung privitamin A, yakni beta-karoten yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Ketika ibu menyusui mengkonsumsi wortel, produksi ASI dapat meningkat serta bisa membantu memenuhi asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang baik dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk tubuh.

Bayam juga menjadi makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Sejak masa kehamilan, sayuran ini memang banyak disukai oleh ibu.

Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam bayam sangat baik untuk ibu menyusui, seperti kalsium, zat besi, asam folat, dan lain-lain.

Ikan salmon

Ikan salmon ternyata tidak hanya lezat, namun juga diyakini dapat meningkatkan kecerdasan pada bayi.

Hal ini karena ikan salmon mengandung DHA dan memiliki manfaat untuk membantu mengembangkan sistem saraf bayi.

Dengan kandungan DHA ini produksi ASI dapat meningkat dan membuat ASI lebih bergizi. A

SI memang memiliki kandungan DHA, namun kadarnya lebih tinggi pada ibu yang mendapat lebih banyak DHA dari makanan yang dukonsumsi.

Meski baik untuk ibu menyusui, namun ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi ikan salmon berlebihan untuk membatasi jumlah merkuri yang ada di dalamnya.

Buah alpukat

Makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah buah alpukat. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan tenaga, ini dapat membantu bagi ibu menyusui yang sering cepat lapar.

Sekitar 80 persen lemak sehat terkandung di dalam alpukat dan membantu merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, lemak sehat tersebut mampu menjaga kesehatan jantung, dan merupakan sumber vitamin B, C, E, folat dan kalium.

Beras merah

Beras merah ternyata baik dikonsumsi ketika ibu dalam masa menyusui. Hal ini karena beras merah mengandung karbohidrat sehat yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas baik.

Nah, jika sebelumnya Anda kurang menyukai mengkonsumsi nasi merah, sepertinya saat menyusui Anda pun akan menyukainya ketika tahu manfaat yang terkandung di dalamnya.

Buah pisang

Kandungan kalium yang ada pada pisang ternyata baik untuk ibu menyusui. Kalium dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Selain itu, manfaat buah pisang ini didapatkan dari asam folat dan kalori yang terkandung di dalamnya. Asam folat dan kalori dapat memberi Anda energi instan lho.

Itu dia, bunda beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui yang tentunya agar bayi sehat dan cerdas. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,994FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan