Minggu, 12 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Inilah Manfaat Jika Anda Rutin Memakan Wortel Setiap Hari

Inilah Manfaat Jika Anda Rutin Memakan Wortel Setiap Hari

RANCAH POST Inilah manfaat jika Anda rutin memakan wortel setiap hari. Wortel bukan saja berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Sayuran yang memiliki warna oranye dengan tekstur yang renyah ini pun mempunyai khasiat yang sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari kecantikan kulit sampai membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain beberapa manfaat di atas, berikut Ini berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda rajin mengkonsumsi wortel.

Mencegah Penuaan
Wortel memiliki kandungan zat yang kaya akan beta-karoten, yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Beta-karoten pun bisa membuat rona wajah Anda tampak menjadi lebih bercahaya dan memberikan efek rona oranye yang sehat. Selain daripada itu, wortel pun mempunyai kandungan zat yang kaya akan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan juga kuku.

Mencegah Penyakit Jantung
Selain kandungan beta-karoten, wortel pun mempunyai kandungan alpha-karoten dan juga lutein. Tiga zat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Wortel memiliki sifat fibrous, yakni mempunyai serat yang bekerja seperti sebuah spons yang menyerap kelebihan kolesterol di dalam tubuh.

Menyehatkan Gigi
Rajin mengunyah wortel dapat meningkatkan kesehatan gigi Anda. wortel yang memiliki tekstur renyah, dapat membantu gigi membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Mengunyah wortel dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat untuk menyeimbangkan zat asam yang ada di dalam mulut yang akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Meningkatkan Kesehatan Liver
Wortel diyakini sebagai salah satu makanan yang berfungsi untuk detoks, karena memiliki manfaat membersihkan dan juga mendukung kerja liver. Wortel dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan juga empedu yang ada pada liver sehingga organ penting yang ada di dalam tubuh ini pun dapat menjalankan fungsinya untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh secara baik.

Untuk mendapatkan menfaat-manfaat di atas, tentunya wortel yang dikonsumsi pun harus wortel yang berkualitas bagus. Ada sekitar 100 macam wortel yang ada di dunia ini. Pilih wortel yang mempunyai warna oranye terang, permukaan buahnnya halus dan juga memiliki ukuran sedang. Wortel dapat lebih terasa manfaatnya jika dimakan mentah. Apabila mau dimasak, cukup di rebus ataupun di kukus dengan waktu yang tidak lebih dari lima menit guna menjaga kandungan nutrisi dan juga teksturnya yang renyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,363FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan