Kamis, April 2, 2020

Perlu Dicatat, 7 Makanan Pantangan ini Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Perlu diperhatikan, ada beberapa makanan pantangan bagi ibu hamil yang sebaiknya tidak dikonsumsi agar kesehatan dapat tetap terjaga.

Ketika sedang mengandung memang benar jika memilih makanan yang akan dikonsumsi itu susah-susah gampang. Karena sekarang ini ibu tak hanya menjaga kesehatan sendiri, namun juga janin yang ada dalam kandungan.

Semua ibu hamil tentunya selalu menginginkan yang terbaik untuk calon buah hati supaya tetap sehat hingga saatnya nanti lahir ke dunia.

Banyak hal yang dilalui ibu hamil, mulai dari mual-mual atau morning sickness sampai berat badan yang kian bertambah seiring berjalannya waktu.

Selain itu, ada beberapa aktivitas yang disarankan untuk tidak dilakukan atau ditunda dulu selama masa kehamilan seperti tidak boleh berolahraga terlalu keras, mengangkat beban berat, dan aktivitas fisik berat lainnya.

Nah, kali ini Rancah Post menyiapakan pembahasan mengenai makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Ini sangat penting karena jika ingin kandungan tetap sehat, asupan makanan pun perlu diperhatikan.

Makanan Pantangan Ibu Hamil

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Makanan yang dimasak setengah matang

Jika Anda merupakan penggemar makanan yang dimasak setengah matang, sebaiknya hindari dulu ketika sedang dalam masa kehamilan.

Mulai dari telur setengah matang, daging setengah matang, seafood setengah matang hilangkan dulu dari daftar makanan favorit Anda demi kesehatan si calon buah hati.

Beberapa makanan setengah matang yang sudah disebutkan tadi tidak disarankan dikonsumsi selama masa kehamilan lantaran memiliki kandungan bakteri salmonella yang berbahaya bagi janin.

Buah dan daun pepaya

Makanan pantangan yang satu ini disarankan tidak dikonsumsi ibu hamil muda. Meskipun memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya, buah pepaya yang masih mentah atau setengah matang disarankan tidak dikonsumsi ibu hamil.

Hal tersebut karena buah pepaya mentah atau setengah matang mengandung lateks yang tinggi dan bisa menjadi pemicu kontraksi di rahim yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Sementara daun pepaya yang lezat ketika dimasak atau dijadikan lalapan ini tidak boleh dikonsumsi karena disebut bisa memicu ari-ari janin jadi rapuh ketika mengonsumsinya di usia dua minggu kehamilan.

Hati hewan

Makanan pantangan bagi ibu hamil selanjutnya adalah hati hewan baik hati sapi ataupun hati ayam. Hal tersebut karena makanan tersebut memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Meski baik, mengonsumsi vitamin A berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan janin. Untuk itu, sebaiknya batasilah mengonsumsi hati hewan selama hamil.

Makanan berkafein

Mengonsumsi makanan dan minuman berkafein dilarang bagi ibu hamil, apalagi jika berlebihan. Hal tersebut karena kafein bisa menembus plasenta dan berakibat buruk pada kesehatan jantung janin.

Berdasarkan beberapa penelitian, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein bisa meningkatkan risiko berat badan bayi lahir rendah, keguguran, bahkan lahir mati.

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, lebih baik untuk berjaga-jaga dan jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan lainnya.

Buah nanas

Buah nanas menjadi salah satu makanan pantangan bagi ibu hamil muda yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Kandungan bromelain yang ada dalam buah nanas dapat membuat leher rahum melunak dan menjadi pemicu gangguan kehamilan mulai dari keguguran sampai persalinan dini.

Ikan laut tinggi merkuri

Meski baik untuk ibu hamil karena mengandungan asam lemak omega 3 dan omega 6, sebaiknya lebih selektif dalam memilih ikan laut yang akan dikonsumsi, pastikan tidak mengonsumsi ikan laut yang memiliki kandungan merkuri.

Ya, karena janin bisa mengalami gangguan pertumbuhan otak dan gangguan motorik. Ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi, di antaranya ikan tenggiri, ikan pari dan ikan marlin.

Jus buah mentah atau tidak dipasteurisasi

Jus buah mentah atau tidak dipasteurirasi sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil, karena di dalam jus tersebut terkandung baketri E.coli dan Salmonella yang bis membahayakan janin.

Untuk memastikan keseterilannya, sebaiknya Anda bisa membuat sendiri jus tersebut di rumah. Jangan lupa untuk mencuci buah dan sayuran sampai bersih.

Itu dia beberapa makanan pantangan bagi ibu hamil yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar bayi dalam kandungan juga dalam keadaan sehat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,926FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,268PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan