Beranda Kesehatan 9 Makanan Sehat yang Berserat Tinggi, Apa Saja?

9 Makanan Sehat yang Berserat Tinggi, Apa Saja?

0
9 Makanan Sehat yang Berserat Tinggi Apa Saja
Ilustrasi. (IST/NET)

RANCAH POST – Apakah Anda mengetahui apa saja jenis makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh? Makanan tersebut mencakup buah dan sayuran.

Seperti yang sudah kita ketahui, serat menjadi salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh kita setiap harinya.

Manfaat serat tentu sangat luar biasa, salah satunya adalah bisa membuat sistem pencernaan menjadi sehat dan lancar serta mencegah dari berbagai penyakit seperti masalah sembelit.

Anda bisa mendapat serat dari berbagai sumber, seperti dari buah-buahan dan sayuran, bahkan ada beberapa di antaranya yang mengandung serat cukup tinggi.

Selain itu, bagi Anda yang sedang menjalani program diet, makan makanan berserat tentunya bisa membantu menurunkan sekaligus menjaga berat badan. Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan semua orang, mungkin termasuk Anda.

Mencukupi kebutuhan serat akan membuat tubuh sehat, sebaliknya jika kekurangan serat dalam tubuh dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan asupan serat harian agar terhindar dari gangguan kesehatan. Di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa rekomendasi makanan yang mengandung serat, mulai dari buah hingga sayur.

Makanan Berserat Tinggi

Buah pir

Kabar baik bagi pecinta pir, ternyata buah ini menjadi salah satu sumber serat yang baik untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram pir, terdapat 3,1 gram serat.

Sementara itu, pada pir yang berukuran medium memiliki kandungan serat kurang lebih 5,5 gram serat atau terpenuhinya 16,4 % rekomendasi supan serat harian.

Buah pisang

Makanan berserat tinggi yang satu ini sering diyakini bisa untuk membantu mengatasi sembelit, yakni buah pisang.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan memang banyak karena mengandung nutrisi serta vitamin C, B6, kalium, serat dan lainnya.

Alpukat

Dalam setiap 100 gram buah alpukat terkandung 6.7 gram serat. Bagi pecinta buah ini tentu sudah mengetahui khasiatnya serta kenikmatannya ketika diolah menjadi berbagai hidangan.

Selain itu, alpukat juga dibekali dengan berbagai kandungan vitamin, seperti vitamin C, E, B, pitasium, dan magnesium.

Labu

Labu menjadi salah satu makanan berserat tinggi lainnya yang bisa Anda konsumsi. Kandungan serat yang ada pada labu yakni sebanyak 3,6 gram serat.

Ubi jalar

Makanan yang satu ini mengandung tepung yang kaya akan vitamin A, B, beta karoten, dan berbagai mineral lainnya. Ubi jalar mengandung tinggi serat, yakni 2,5 gram serat dalam setiap 100 gram ubi.

Beras merah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, makanan berserat tinggi memang bagi bagus untuk diet dan pencernaan.

Makanan yang mengandung serat tinggi selanjutnya adalah beras merah. Kandungan serat yang ada di dalam beras merah ternyata lebih banyak daripada beras putih.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam beras merah juga bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Brokoli

5,1 gram serat yang ada di dalam satu buah brokoli tentunya baik untuk tubuh. Brokoli bisa disajikan dalam berbagai hidangan, seperti mengukus atau merebusnya.

Selain serat, sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A, C, K, B, folat, potasium, protein, mangan, zat besi dan lainnya.

Kacang-kacangan

Kacang hitam, kacang merah, dan kacang putih merupakan jenis kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi.

Kacang merah disebutkan cocok untuk dikonsumsi mereka yang sedang diet karena bisa membantu menurunkan berat badan.

Sementara kacang putih, merupakan salah satu sumber protein dan zat besi, dan kacang hitam juga tidak hanya mengandung serat namun juga kaya antioksidan.

Wortel

Manfaat wortel memang banyak dikenal untuk kesehatan mata karena menganudng vitamin A. Namun ternyata, wortel juga menjadi salah satu sumber makanan berserat tinggi.

Nah, itulah beberapa makanan berserat tinggi yang bisa melancarkan BAB, untuk diet, dan untuk kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here