Selasa, November 24, 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

RANCAH POST – Manfaat cuka apel untuk kecantikan wajah ternyata sangat banyak dan luar biasa lho, teman-teman. Apakah Anda mengetahuinya?

Jika belum, tentu Anda wajib mengetahui manfaat dari cuka apel ini. Bagi yang tahu, tentu Anda sudah mengenal manfaatnya dan hasilnya juga memang baik.

Cuka apel sendiri terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian dicampurkan bakteri serta jamur sampai terjadi proses fermentasi.

Nah, pada proses ini gula dan pemanis dalam apel pun berubah menjadi alkohol. Kemudian, proses yang kedua alkohol akan berubah jadi cuka.

Cuka apel bermanfaat karena memiliki kandungan bakteri, pectin, enzim, serta mineral yang tentu punya keguaan untuk membuat wajah tetap sehat.

Sudah menjadi rahasia umum, jika wajah yang sehat dan cantik pastinya menjadi keinginan semua orang, baik wanita ataupun pria.

Kendati bermanfaat, Anda harus menggunakan cuka apel dengan benar dan berhati-hati. Jika tidak, bukan manfaat yang didapat melainkan bisa timbul masalah pada kulit.

Oleh sebab itu, lakukanlah dengan hati-hati ya, teman-teman. Agar tidak lagi penarasan dengan manfaat-manfaat cuka apel, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkannya untuk Anda.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Langsung saja, berikut ini manfaat cuka apel untuk kecantikan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Bersihkan pori-pori kulit wajah

Sifat astringen yang ada di dalam cuka apel dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit serta bisa mengecilkan pori-pori kukit wajah yang besar.

Tak hanya itu, cuka apel juga dapat menjadi solusi ampuh untuk pemilik kulit wajah berminyak karena dipercaya dapat mengatur tingkat pH kulit.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air secukupnya. Kemudian saring ke dalam mangkuk atau wadah dengan ditambahkan minyak esensial beberapa tetes.

Setelah itu, barulah oleskan pada wajah memakai bola kapas, biarkan selama beberapa menit sebelum kemudian dibilas dengan air.

Bantu hilangkan kutil di wajah

Selain membersihkan pori-pori dan cocok untuk wajah berminyak, manfaat cuka apel selanjutnya bisa menjadi salah solusi yang membantu mengatasi kutil di wajah.

Caranya, siapkan air dan cuka apel secukupnya, lalu campurkan kedua bahan. Setelah itu, rendam kapas atau kain lembut di dalamnya, kompreskan pada wajah yang ada kutilnya.

Cegah kerutan

Tanda-tanda penuaan dini yang muncul pasti membuat Anda merasa tidak nyaman karena wajah penuh dengan kerutan. Anda perlu tahu, jika cuka apel memiliki khasiat untuk mencegah kerutan di wajah.

Caranya penggunaannya juga sangat mudah, siapkan sedikit cuka apel pada ujung cotton ball, lalu oleskan langsung pada wajah yang berkerut. Biarkan selama 30 menit sebelum kemudian membilasnya sampai bersih.

Memudarkan jerawat

Manfaat cuka apel dan cara penggunaannya selanjutnya adalah untuk wajah berjerawat. Asam suksinat yang terkandung di dalam cuka apel membantu proses mengelupasnya kulit mati.

Tak hanya itu, bisa juga meredakan peradangan akibat jerawat yang muncul. Dengan begitu, jaringan parut di wajah tidak akan terbentuk.

Kondisi kulit mereka yang sedang mengalami jerawat juga bisa diperbaiki dengan kandung kandungan asam laktat di dalam cuka apel.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan melarutkan beberapa tetes cuka apel pada air sebelum kemudian dioleskan pada bekas jerawat, biarkan 10 menit lalu bilas dengan air.

Atasi kulit terbakar akibat sinar matahari

Selain untuk memudarkan bekas jerawat di wajah, cuka apel juga bisa membantu mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

Untuk menggunakan cuka apel dalam mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari caranya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan empat gelas air.

Masukkan kain ke dalam air campuran tersebut, lalu oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari sembari memijatnya secara perlahan.

Nah, itu dia beberapa manfaat cuka apel dan cara pengunaanya. Seperti yang sudah dibahas tadi, gunakan cuka apel secara berhati-hati dan jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here