Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Selain Enak Dikonsumsi, Ketahui 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Selain Enak Dikonsumsi, Ketahui 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

RANCAH POST – Singkong rebus atau goreng tentunya menjadi salah satu kudapan yang banyak digemari orang-orang, namun masih ada saja yang belum mengatahui jika singkong ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang sudah kita ketahui, singkong memang kerap dikonsumsi sebagai pengganti nasi yang cukup terkenal di Indonesia.

Singkong banyak tumbuh di sejumlah negara tropis di kawasan Asia, Afrika, hingga Amerika Selatan. Anda, tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan singkong?

Selain itu, diketahui juga bahwa singkong ini merupakan jenis umbi-umbian, dengan akar dan daun bisa kita manfaatkan untuk dikonsumsi.

Tidak hanya digoreng dan direbus, singkong juga bisa diolah menjadi camilan yang lezat. Singkong juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan tepung tapioka.

Perlu Anda ketahui, singkong mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang pastinya bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C.

Singkong juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan magnesium. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa khasiat singkong untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Baik bagi pencernaan

Kandungan serat yang terdapat di dalam singkong ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan kita. Serat dapat membantu dalam pengolahan racun yang masuk ke dalam usus.

Singkong juga memiliki kandungan pati resisten yang memberikan makanan pada bakteri baik di dalam usus, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membuat kesehatan pencernaan meningkat.

Jaga berat badan tetap ideal

Manfaat singkong untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal, ini sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin diet.

Menjadikkan singkong sebagai salah satu menu diet sehat bisa menjadi langkah yang tepat, hal tersebut karena singkong mengandung serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Alhasil, keinginan untuk makanan pun bisa berkurang. Tentu saja hal ini cukup penting dalam program diet yang sedang Anda jalani.

Bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat singkong untuk kesehatan selanjutnya isa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C dan folat yang ada di dalamnya.

Vitamin C bermanfaat untuk membantu imunitas tubuh dalam menyingkirkan virus serta bakteri. Sedangkan folat berperan dalam membantu produksi sel-sel dalam tubuh agar normal dan mutasi DNA bisa tercegah.

Jaga kesehatan tulang

Manfaat singkong selanjutnya adalah untuk kesehatan tulang. Singkong mengandung beberapa mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfor yang tentunya berkhasiat untuk kesehatan tulang.

Melansir dari Hot.liputan6.com, sekitar 99% kalsium pada tubuh manusia dapat kita temukan pada tulang dan gigi. Tubuh kita memerlukan asupan kalisum untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang.

Sedangkan magnesium diperlukan sebagai pembentukan tulang. Hal tersebut membantu mengasimilasi kalsium ke dalam tulang dan berfungsi untuk mengaktifkan vitamin D di ginjal.

Kemudian, fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Sementara itu, makanan yang mengandung kalium bisa membantu sebagai pencegah osteoporosis.

Sumber energi bagi tubuh

Singkong bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh ini karena mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu 160 kalori dalam 100 gram singkong.

Selain itu, singkong juga mengandung karbohidrat yang nantinya berubah menjadi glukosa yang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, organ tubuh seperti otak juga memerlukan karbohidrat agar bisa berfungsi secara maksimal.

Itu dia, teman-teman 5 dari sekian banyaknya manfaat singkong untuk kesehatan tubuh kita. Bagaimana, luar biasa bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan