Sabtu, Desember 5, 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Bikin Rambut Rusak, Hindari 5 Kesalahan ini Pada Saat Menyisir

Bikin Rambut Rusak, Hindari 5 Kesalahan ini Pada Saat Menyisir

RANCAH POST – Pada saat menyisir rambut, sudahkan Anda melakukannya dengan cara yang benar dan tidak melakukan kesalahan?

Seperti yang sudah kita ketahui, menyisir rambut menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan baik oleh wanita ataupun pria.

Menyisir tentunya dilakukan untuk membuat rambut yang acak-acakan menjadi rapi, tidak kusut, dan tertata dengan baik.

Rambut yang rapi pastinya membuat penampilan Anda lebih keren dan siap untuk menjalani aktivitas atau bertemu dengan seseorang yang spesial.

Kalau keluar dengan penampilan dan rambut yang acak-acakan, orang-orang mungkin akan tidak suka melihat hal tersebut.

Ternyata selain merapikan rambut, manfaat menyisir itu sangat banyak lho, seperti menjaga kesehatan rambut, melancarkan sirkulasi darah, rambut jadi tetap halus, dan lain sebagainya.

Namun, sudahkah Anda menyisir dengan benar dan tidak melakukan kesalahan? Jika masih belum yakin, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Kesalahan Saat Menyisir Rambut

Seperti melansir dari beberapa sumber, ini dia kesalahan-kesalahan sepele ketika menyisir rambut yang mungkin sering Anda lakukan.

Menyisir ketika rambut dalam keadaan basah

Hal pertama yang mungkin sering dianggap sepele adalah menyisir ketika rambut masih dalam keadaan basah setelah keramas.

Ternyata, hal tersebut merupakan kesalahan yang mesti Anda hindari. Perlu Anda ketahui, rambut yang masih lebih rentan rontok.

Kondisi itu bisa terjadi karena pada saat rambut basah, akan mengalami gesekan yang lebih kuat dengan sisir, alhasil rambut pun jadi gampang patah.

Tak hanya itu, rambut yang masih basah juga mengalami penarikan sampai 50% lebih kuat dibandingkan dengan rambut yang sudah kering. Rambut yang kering hanya mengalami penarikan sebanyak 20 hingga 30% saja.

Memakai sisir yang kotor

Kesalahan kedua yang mungkin sering Anda lakukan saat menyisir rambut adalah menyisir menggunakan sisir yang kotor.

Menyisir dengan sisir yang kotor bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Kotoran-kotoran yang menempel pada sisir akan tertumpuk sehingga membuat pori-pori kulit kepala tersumbat.

Maka dari itu, sebaiknya bersihkan sisir secara berkala agar tidak ada kotoran yang menempel. Anda pun bisa menyisir dengan nyaman menggunakan sisir yang bersih.

Menyisir rambut terlalu sering

Coba, hitung berapa sekali dalam sehari Anda menyisir rambut. Apakah sangat sering? Perlu diketahui, terlalu sering menyisir rambut juga tidak baik bagi kesehatan rambut.

Terlalu sering menyisir rambut bisa membuat rambut kering dan mudah patah. Akar rambut juga bisa semakin sering tertarik hingga kerontokan pun terjadi.

Menyisir rambut dari akar sampai ujung rambut

Saat menyisir rambut tentu harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak melakukan kesalahan.

Hal sepele namun salah, yang mungkin sering Anda lakukan adalah menyisir rambut dari akar hingga ke ujung rambut.

Cara seperti itu bisa membuat rambut tertarik dari akarnya yang akan menyebabkan rambut rontok.

Ada baiknya, menyisirlah secara bertahap. Mulai dari bagi tengah ke bawah untuk mengurai rambut. Setelah itu, barulah secara perlahan menyisir semaki ke atas. Mudah bukan?

Menggunakan sisir sikat ketika menyisir rambut yang kusut

Ketika rambut sedang kusut baik kering atau basah, sebaiknya hindari menggunakan sisir sikat untuk melakukan kegiatan menyisir.

Hal tersebut karena sisir sikat atau paddle brush dirancang untuk blow rambut dengan menggunakan hairdryer bukan untuk meluruskan rambut yang kusut.

Nah, itulah kesalahan-kesalahan saat menyisir rambut yang perlu Anda hindari. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here