Sabtu, 24 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Cara Merawat Kesehatan Rambut Berhijab

Cara Merawat Kesehatan Rambut Berhijab

Perlu Anda ketahui, cara merawat kesehatan rambut wanita berhijab memang sedikit berbeda dengan mereka yang tidak menggunakan hijab setiap harinya.

Wanita yang setiap harinya mengenakan hijab biasanya akan lebih santai dan tidak ribet mengenai model rambut, warna rambut, dan lain sebagainya, karena rambut mereka setiap harinya tertutupi.

Rambut wanita berhijab juga biasanya akan terlindung dari polusi, debu, hingga paparan sinar matahari. Kendati demikian, rambut berhijab ternyata tak luput dari berbagai macam masalah rambut.

Mulai dari rambut rontok, rambut lepek, ketombe, kulit kepala gatal dan masalah-masalah rambut lainnya.

Rambut sering disebut sebagai mahkota wanita, meski rambut setiap hari tertutupi oleh hijab, bukan berarti Anda lalai dalam merawatnya.

Sebaiknya, Anda harus tetap merawatnya dengan cara yang tepat. Perawatan rambut sangat penting untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah walaupun mengenakan hijab.

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut, berikut ini beberapa perawatan rambut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Merawat Rambut Berhijab

Memakai hijab ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Selain menutup aurat, hijab juga membuat rambut terhindari dari kotoran dan debu.

Gunakan sampo yang tepat

Tak dapat dipungkiri, rambut wanita yang selalu mengenakan hijab setiap hari akan rendan berminyak dan lembab. Kondisi ini jika dibiarkan akan menimbulkan masalah kulit, yakni ketombe.

Untuk itu, sangat penting untuk menggunakan sampo yang tepat dan memiliki formula khusus bagi perawatan rambut berhijab.

Setidaknya, keramaslah 2 sampai 3 kali dalam seminggu bila rambut tidak dalam keadaan kotor. Disarankan untuk tidak keramas setiap hari, takutnya rambut menjadi mudah rapuh.

Menyisir rambut sebelum berkeramas

Menyisir rambut sebelum berkeramas dapat menjadi salah satu cara merawat rambut yang berhijab agar tidak mudah rontok.

Langkah yang satu ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari rambut dari kerontokan.

Selain itu, sisirlah rambut sebelum Anda hendak menguncirnya. Manfaat menyisir rambut bisa memperlancar sirkulasi darah ke kulit kepala serta terhindar dari rambut kusut.

Aplikasikan masker rambut

Untuk melakukan perawatan rambut yang mudah, cobalah untuk menggunakan masker rambut, bisa pergi ke salon kecantikan atau bisa juga menggunakan bahan-bahan alami di rumah.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk merawat rambut di antaranya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, lidah buaya.

Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Cara merawat rambut berhijab selanjutnya adlah hindari mengikat rambut terlalu kencang. Kebiasaan ini dapat membuat rambut Anda menjadi rapuh dan rontok. Ikatlah secukupnya saja.

Sesekali biarkan rambut terurai

Cara yang satu ini bermanfaat untuk memberi ruang bernapas bagi rambut dan akan membantu pertumbuhan rambut.

Biarkan rambut terurai ketika di rumah untuk sesekali dan duduk di bawah sinar matahari untuk beberapa saat untuk mendapat vitamin yang diperlukan rambut.

Namun pastikan tidak ada pria atau yang bukan mahram dengan Anda melihat ketika membuka jilbab.

Jangan pakai hijab saat rambut basah

Tips dan cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat selanjutnya adalah hindari memakai hijan saat rambut masih basah.

Menggunakan hijab saat rambut basah dapat memicu masuk angin, timbulnya bau, dan ketombe. Sebelum mengenakan hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering.

Itu dia ladies, beberapa cara merawat rambut berhijab agar tidak mudah rontok dan tetap sehat. Jangan lupa untuk memilih hijab yang nyaman ketika dipakai, dan konsumsilah makanan sehat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan