Berita Gaya Hidup, RANCAH POST – Memiliki rambut rontok bagi sebagian orang merupakan sebuah mimpi buruk, apalagi jika mengalami rambut rontok tersebut di usia yang masih terbilang muda.

Setiap orang pada umumnya akan kehilangan rambut sekitar 100 helai perharinya. Akan tetapi kejadian tersebut merupakan hal yang normal dan tidak menimbulkan penipisan rambut di kulit kepala karena tumbuhnya rambut-rambut baru pada saat bersamaan.

Kerontokan rambut yang terjadi penyebabnya bisa karena beberapa faktor seperti riwayat turunan, stres, terapi radiasi kepala, perubahan hormon, usia, masalah kesehatan dan menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok.

Penanganannya dapat dibantu dengan mengkonsumi suplemen, obat, bahkan dengan operasi transplantasi rambut.

Namun, semua cara itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal ada cara yang lebih alami dan hemat biaya untuk mengatasi masalah kerontokan rambut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Jika Anda ingin terhindar dari rambut rontok yang semakin parah dan dapat menimbulkan kebotakan, ada baiknya Anda segera mengatasinya dengan cara alami berikut ini. Langsung aja di simak, ya.

Kentang

Ternyata selain untuk disajikan sebagai makanan. Kentang juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara haluskan kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan, kemudian perasuntuk mengumpulkan airnya.

Anda bisa menambahkn satu sendok makan madu ke dalam air perasan kentang tadi lalu oleskan kebagian rambut dan biarkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dengan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala. Gel yang terdapat pada lidah buaya dapat memicu pertumbuhan rambut.

Caranya dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkainya, kemudian pijat secara perlahan kulit kepala Anda sektar 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

Alpukat

Tak hanya rasanya yang mengandung enak ternyata buah ini mengandung protein alami yang bagus untuk rambut dan kulit kepala.

Caranya sangat mudah, haluskan buah alpukat yang sudah dipisahkan dari cangkangnya lalu jadikan sebagai masker pada rambut Anda.

Buah jambu biji

Buah ini memliki kandungan vitamin B3, B5, dan b6 ternyata dapat mengatasi rambut rontok dengan cara hancurkan buah jambu biji sampai benar-benar lembut dan tambahkan satu putih telur.

Setelah itu aduk kedua bahan ini hingga rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, biarkan sekitar 40 menit dan kemudian pijat kulit kepala secara perlahan dan bilas bersih menggunakan sampo.

Jus ketumbar

Jus ketumbar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan yang Anda alami. Caranya, giling daun ketumbar segar dan simpan jus nya.

Kemudian buatlah pasta yang bertekstur kental, lalu oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan dulu sekitar satu jam.

Setelah itu, bilas menggunakan sampo ringan samapi bersih.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu, supaya dapat membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

Yoghurt

Salah satu penyebab rambut rontok adalah rambut yang kurang nutrisi dan kering. Yoghurt sejak dari jaman dahulu ternyata sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut.

Caranya, campurkan yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Kemudian aplikasikan pada kepala, ketiga bahan ini dapat memberikan nutrisi pada rambut Anda dan menjaganya tetap sehat.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah dengan Bahan Alami

Bagaimana, mudah bukan untuk mendapatkan bahan-bahan alami seperti cara yang sudah dipaparkan tadi.

Akan lebih baik jika Anda mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan melakukan olahraga yang teratur. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply