Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Inilah Manfaat Pakcoy, Si Sawi Sendok yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Pakcoy, Si Sawi Sendok yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

RANCAH POST – Siapa sangka, pakcoy atau yang biasa dikenal juga dengan nama sawi sendok ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Bagi sebagian besar orang, mungkin sayuran hijau yang satu ini sudah tak asing lagi, bahkan seringkali dikonsumsi.

Pakcoy ternyata masih menjadi salah satu varietas tanaman yang satu keluarga dengan tanaman sawi hijau dan sawi putih.

Pakcoy mengandung banyak nutrisi yang tentunya bermanfaat untuk tubuh kita, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, protein, serat, asam folat, karbohidrat dan masih banyak lainnya.

Para peneliti bahkan mempercayai jika masyarakat Tiongkok kuno sudah mengkonsumsi pakcoy sejak ribuan tahun yang lalu.

Kelezatan pakcoy membuatnya menjadi salah satu sayuran yang digemari banyak orang. Pakcoy kerap diolah menjadi berbagai hidangan orietal, mulai dari ditumis dengan saus tiram, sup hangat, hingga dihidangkan dengan siraman saus daging.

Agar tidak penasaran lagi, di artikel kali Rancah Post telah merangkum berbagai khasiat yang terkandung dalam pakcoy untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat Pakcoy

Tak usah berlama-lama, berikut ini beberapa khasiat dari pakcoy untuk tubuh kita. Ini dia pembahasannya untuk Anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pakcoy mengandung selenium yang diyakini bisa sebagai peningkat respons kekebalan terjadap infeksi dengan merangsang produksi sel T.

Sel T adalah salah satu tipe darah putih yang memiliki peranan untuk antibodi tubuh dengan mengidentifikasi dan membasmi bakteri serta virus yang menyerang.

Cegah penyakit kanker

Pakcoy ternyata bisa menjadi salah satu makanan pencegah penyakit kanker dengan kandungan manfaat yang ada di dalamnya. Pakcoy mengandung folat yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker akibat mutasi DNA.

Kandungan vitamin C, E, serta betakaroten di dalamnya sebagai antioksidan yang bisa mencegah rusaknya sel yang diakibatkan serangan radikal bebas.

Tak hanya itu saja, selenium yang terkandung di dalamnya diyakini dapat membersihkan tubuh dari komponen penyebab kanker serta mencegah peradangan dan tumor.

Meningkatkan kesehatan jantung

Pakcoy mengandung vitamin B6 dan asam folat yang berperan dalam menekan homosostein asam amino di dalam darah.

Dengan begitu, kadar homosostein yang dapat menjadi pemicu risikpo penyakit kardiovaskular dapat merendah.

Menghaluskan dan menyenyalkan kulit

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat pakcoy juga baik untuk kecantikan kulit. Pakcoy mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas akibat polusi atau paparan sinar matahari yang berlebih.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan vitamin K yang ada di dalamnya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lembab, kenyal, dan tidak keriput.

Menyehatkan tulang

Menjaga kesehatan tulang tentu sangat penting, karena dengan tulang yang sehat kita bisa melakukan kegiatan apapun dengan lancar.

Pakcoy ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tulang dengan kandungan zat besi, kalisum, zinc, fosfor, vitamin K, dan magnesium di dalamnya.

Beberapa kandungan tersebut berkontribusi dalam mempertahankan struktur serta kekuatan tulang.

Melancarkan pencernaan

Manfaat pakcoy bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Penyebab pencernaan kurang lancar biasanya disebabkan oleh asupan serat yang kurang.

Cara mengatasi pencernaan yang kurang lancar bisa dengan mengkonsumsi pakcoy. Pakcoy mengandung serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melancarkan pencernaan.

Itulah beragam manfaat yang terkandung di dalam pakcoy untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Luar biasa sekali, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan