Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mengatasi Sembelit Pada Saat Puasa

Cara Mengatasi Sembelit Pada Saat Puasa

Cara mengatasi sembelit saat bulan puasa perlu untuk Anda ketahui agar bisa terbebas dari salah satu masalah pencernaan yang tentunya membuat Anda tidak nyaman.

Sembelit atau konstipasi memang kerap dialami oleh mereka yang sedang berpuasa, terutama di bulan suci Ramadan.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab sembelit, seperti kekurangan asupan air, sering menahan ingin buang air besar dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang sehat pula, masalah pencernaan yang satu ini bisa dihindari dan diredakan.

Penyebab sembelit ketika berpuasa biasanya dikarenakan oleh asupan cairan yang kurang, perubahan jadwal makan, dan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Karena seperti yang sudah kita ketahui, ketika berpuasa tentunya tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam.

Selain karena pola makan yang berubah, kebiasaan makan dengan nutrisi yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab lain sembelit terjadi ketika bulan puasa.

Agar puasa lancar dan sembelit segera teratasi, di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa cara yang harus Anda ketahui.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Langsung saja berikut ini cara-cara mengatasi sembelit yang terjadi ketika puasa yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Cukupi asupan air putih

Cara pertama yang harus Anda lakukan agar sembelit dapat teratasi adalah dengan mencukupi asupan air putih. Selain baik untuk pencernaan, minum air putih yang cukup juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

Minum air putih yang cukup dapat bermanfaat membantu mencegah sekaligus mengatasi sembelit, dan membuat pencernaan menjadi lancar.

Setidaknya minumlah 8 gelas air perhari. Anda bisa mengatur agar porsi tersebut dapat terpenuhi. Terapkan saja 2-4-2, yakni 2 gelas ketika buka puasa, 4 gelas setelah berbuka hingga menjelang tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

Konsumsi makanan berserat

Cara mengatasi sembelit pada saat puasa selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat, utamanya ketika makan sahur.

Manfaat mengkonsumsi makanan berserat dapat mencegah serta meredakan sembelit. Tak hanya itu, makanan kaya serat juga menjadi salah satu makanan yang membuat kenyang lebih lama.

Jangan stres

Ternyata stres juga bisa memicu terjadinya sembelit. Agar terhindar sekaligus teratasi, hindarilah stres baik ketika berpuasa ataupun pada hari-hari biasa.

Cobalah untuk mengisi waktu luang untuk ngabuburit di rumah sembari melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat.

Misalnya dengan membaca buku, tadarus Al-Quran, memasak, beres-beres rumah, berkebun, dan kegiatan positif lainnya.

Hindari minum susu saat sahur

Ternyata mengkonsumsi susu saat sahur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yakni sembelit. Hal tersebut karena beberapa kandungan yang terdapat pada susu dapat menyebab gangguan pencernaan ketika diminum saat sahur.

Pilihlah menu berbuka yang tepat

Cara mengatasi sembelit saat puasa selanjutnya adalah dengan memilih menu buka puasa yang tepat. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak atau minuman yang mengandung tinggi gula ketika berbuka puasa.

Makanan-makanan tersebut memang lezat saat dikonsumsi, namun dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan. Sebaiknya pilihlah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka ya, teman-teman.

Konsumsi probiotik

Mengkonsumsi minuman probiotik seperti yogurt dapat mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus yang akhirnya berfungsi dalam meningkatkan fungsi pencernaan.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi sembelit saat puasa yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk tetap berolahraga serta mengkonsumsi buah dan sayur. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,640FansSuka
1,817PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan