Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Jangan Disepelekan! Ini Bahaya yang Bisa Terjadi Ketika Mencabut Bulu Hidung

Jangan Disepelekan! Ini Bahaya yang Bisa Terjadi Ketika Mencabut Bulu Hidung

RANCAH POST – Mencabut bulu hidung ternyata bisa berakibat fatal dan bahaya bagi kesehatan yang harus Anda waspadai. Apakah kebiasaan ini sering dilakukan?

Seperti yang sudah kita ketahui, fungsi bulu hidung yaitu untuk menyaring udara yang masuk ke saluran pernafasan.

Di dalam hidung ada bulu -bulu halus, yakni vibrissae dan mikroskopik silia yang fungsinya untuk menyaring lendir dan kotoran yang berbahaya supaya tidak masuk ke saluran pernapasan.

Otomatis, ketika penyaringan udara gagal, dapat mengakibat hal buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah infeksi paru-paru.

Entah belum atau sudah tahu, masih saja ada sebagian orang yang sering melakukan kebiasaan mencabut bulu hidung tanpa tahu bahayanya.

Biasanya mereka melakukan kebiasaan ini ketika ada beberapa helai bulu hidung yang tumbuh hingga keluar lubang hidung.

Karena membuat penampilan menjadi terganggu, mereka pun akhirnya mencabut bulu hidung tanpa pikir panjang terkait bahayanya.

Bahkan tak sedikit juga yang menganggap kebiasaan ini adalah hal sepele, padahal bulu hidung mempunyai peran yang sangat vital.

Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan mencabut rambut hidung karena dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini bahayanya mencabut bulu hidung yang perlu Anda ketahui.

Mengakibatkan mimisan

Ketika Anda sering mencabut bulu hidung, maka Anda juga harus waspada dengan dampak buruk yang ditimbulkannya.

Mimisan adalah salah satu dari beberapa dampak buruk mencabut bulu hidung. Ketika bulu hidung dicabut secara keras atau dipaksa tentu akan menimbulkan pendarahan atau mimisan.

Kondisi ini terutama akan terjadi ketika Anda mencabut bulu hidung yang bersenggolan dengan pembuluh darah di dalam hidung.

Tumbuh bisul

Bahaya mencabut bulu hidung yang selanjunya adalah bisa menimbulkan bisulan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sering memasukkan tangan yang kotor ke lubang hidung untuk mencabut bulunya.

Kotoran dan kuman di tangan akan dengan mudah berpindah ke hidung, alhasil mereka pun berkembang biak. Ketika sudah begitu, kondisi yang dapat terjadi adalah bisul yang tumbuh di dalam hidung.

Mengalami nyeri dan iritasi

Rasa nyeri dan iritasi dapat dialami ketika Anda terlalu sering melakukan kebiasaan buruk mencabut bulu hidung.

Kebiasaan ini bisa membua bagian di dalamnya menjadi rentan dihinggapi kuman penyebab penyakit. Kabar buruknya adalah hal tersebut bisa menjadi awal mula infeksi saluran pernapasan terjadi.

Terjadinya ingrown nose hair

Ingrown nose hair adalah bahaya selanjutnya yang dapat Anda alami ketika sering mencabut bulu hidung yang kepanjangan.

Pertumbuhan bulu akan bermasalah ketika Anda terlalu sering melakukan kebiasaan mencabut bulu hidung.

Bulu hidung yang mengalami masalah tidak akan tumbuh ke arah luar, melainkan akan masuk ke dalam kulit. Kondisi inilah yang bisa menimbulkan peradangan pada hidung.

Infeksi otak

Bahaya lain yang mesti Anda waspadai akibat kebiasaan mencabut bulu hidung adalah infeksi otak. Wah, ngeri bukan?

Kebiasaan mencabut bulu hidung dapat meningkatkan risiko masuknya bakteri ke dalam otak yang menyebabkan infeksi mematikan seperti meningitis (infeksi selaput otak) dan abses otak (infeksi di dalam otak.

Walaupun bahaya yang satu ini risikonya rendah, ada baiknya Anda selalu waspada dengan tidak mencabuti bulu hidung.

Radang paru-paru

Faktor pertahanan terhadap kotoran dan debu yang ada di udara yang kita hirup akan berkurang bahkan menghilang sering sering mencabut bulu hidung.

Alhasil, kotoran dan bakteri akan sangat mudah masuk kedalam saluran pernapasan yang menjadi pemicu terjadinya peradangan di saluran pernapasan, tak terkecuali radang paru-paru.

Itu dia, teman-teman beberapa bahaya mencabut bulu hidung bagi kesehatan. Masih mau mencabuti bulu hidung?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,229FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan