Rabu, 23 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ini Dia Penyebab Mimisan Pada Anak, Bunda Harus Tahu!

Ini Dia Penyebab Mimisan Pada Anak, Bunda Harus Tahu!

Sesuatu hal bisa menjadi penyebab mimisan pada anak, namun terkadang masih jarang orang tua yang mengetahuinya. Mimisan atau epistaxis merupakan kondisi ketika darah keluar dari hidung.

Mimisan juga sering disebut pendarahan hidung, karena pada indera penciuman tersebut mempunyai banyak pembuluh darah. Mimisan bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Meski mimisan pada anak dapat segera teratasi dengan sendirinya, Anda juga harus waspada jikalau mimisan tersebut keluar sayang banyak dan berulang kali.

Mimisan rentan terjadi pada buah hati Anda ketika berusia 3-10 tahun, hal tersebut karena mereka mempunyai pembuluh darah yang lebih rapuh dan mudah sekali pecah.

Sebagai orang tua tentu kita ingin melihat si kecil tumbuh dengan sehat. Namun sering kali beberapa kebiasaan dan faktor-faktor lainnya menyebabkan mereka mengalami mimisan.

Ketika anak mimisan, usahakan Anda jangan panik, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi mimisan pada anak yang sudah Anda ketahui.

Namun, Anda mungkin masih bertanya-tanya apa yang menyebabkan si kecil mimisan. Jika belum mengetahuinya, di artikel kali ini Rancah Post akan membahas mengenai penyebab buah hati Anda mimisan.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Langsung saja, berikut ini beberapa penyebab anak bisa mimisan. Mulai dari kebiasaan buruk yang ia lakukan sampai faktor-faktor lainnya.

Membersihkan hidung atau mengupil

Seperti yang sudah kita ketahui, anak kecil atau balita memang sangat aktif dan memiliki rasa ingin tau yang besar terhadap benda-benda yang berada di sekitar mereka. Tak jarang, merereka pun akan mengeksplorasi benda-benda tersebut secara berlebihan.

Bisa saja mereka sampai memasukkan benda-benda tumpul kedalam lubang hidungnya hingga menyebabkan mimisan. Tak hanya itu, kebiasaan membersihkan hidung atau mengupil terlalu sering dan terlalu kuat juga akan memicu si kecil mengalami mimisan.

Cuaca yang ekstrem

Penyebab mimisan pada anak selanjutnya adalah perubahan cuaca yang ekstrem. Anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang relatif rendah akan membuat mereka rentan jatuh sakit ketika terjadi perubahan cuaca yang begitu drastis.

Ketika cuaca berubah dengan cepat dari dingin ke cuaca panas atau sebaliknya, balita dan anak-anak sangat rentan mengalami mimisan. Selain itu, perubahan cuaca ekstrem sangat memudahkan si anak terserang flu. Flu akan membuat si anak bersin-bersin atau menyeka hidungnya.

Ketika si kecil bersin terlalu kencang dan menggosok hidunya terlalu kencang, mimisan sangat mudah terjadi. Tak hanya udara dingin, kondisi udara yang sangat kering dan terlalu panas juga bisa menyebabkan buah hati Anda mimisan.

Kelelahan

Saking asyiknya, sering kali si kecil bermain seharian sampai lupa waktu hingga membuatnya kelelahan. Rasa lelah yang ia rasa tak hanya menurunkan stamina tubuh, tapi pembuluh darah juga akan melemah.

Ketika kelelahan, buah hati Anda bisa saja tiba-tiba mengalami mimisan tanpa hidungnya terbentur. Hal tersebut disebabkan oleh pembuluh darah yang tengah melemah, sehingga mudah sekali tegang hingga akhirnya pecah.

Stres

Selain kelelahan, stres pada anak juga bisa menjadi penyebab mimisan muncul. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami yang namanya stres. Penyebabnya bisa karena masalah di sekolah, keluarga yang kurang harmonis dan lain-lain.

Ketika anak mengalami stres, pembuluh darah di hidung akan melemah, dan rentan munculnya mimisan. Kondisi tersebut akans semakin parah jika si kecil merupakan penderita asma.

Anak yang mengidap asma akan memicu dirinya untuk menarik nafas dengan kuat ketika pembuluh darah di hidung melemah, hingga timbulah mimisan.

Mengalami benturan pada hidung

Tingkahnya yang selalu aktif dan terkadang sulit dikontrol membuat si anak rentan mengalami cedera, seperti mengalami benturan pada hidung. Saat hidung terbentur dengan benda atau tembok, pembuluh darah di hidung bisa pecah hingga menyebabkan darah keluar dari lubang hidung.

Agar tidak terjadi hal demikian, sebagai orang tua Anda harus memberi pengawasan yang ekstra di saat anak sedang bermain, apalagi kalau buah hati Anda sangatlah aktif dan lincah.

Itulah beberapa penyebab mimisan pada anak. Jika suatu ketika si kecil mengalami mimisan dan tak kunjung berhenti, segeralah periksakan ke dokter bila perlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,967FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan