Sabtu, 24 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Cara Menenangkan Diri dan Menghindari Stres

7 Cara Menenangkan Diri dan Menghindari Stres

RANCAH POST – Cara menengkan diri dan menghindari stres. Di zaman yang sekarang ini, apakah ada orang yang benar-benar terhindar dari stres? Hal itu hanya ada pada bayi baru lahir saja, karena stres merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusi.

Terkadang, kehidupan ini berada pada situasi yang diluar kendali diri, dan hal itu membuat otak berfikir keras yang akhirnya membuat kita stres. Namun, rasa cemas itu hanya akan merusak stabilitas fisik dan mental saja. Dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar gula, 2 hal tersebut malah akan membuat kondisi tubuh semakin buruk. Ketika stres melanda, semua orang pasti akan berfikiran yang tidak rasional. Jadi, cara seperti apakah yang bisa menenangkan diri dan terhindar dari stres?

Ada beberapa cara untuk menenangkan diri dan fikiran. Pertama, tanamkan pada fikiran, bahwa stres tidak akan membuat masalah menjadi ringan. Bila tips sederhana itu sudah ditanamkan dalam fikiran, maka saat dilanda masalah yang berat pasti keadaan akan tetap tenang. Berikut ini 7 cara menenangkan diri dan menghindari stres yang dikutip dalam Boldsky baru-baru ini.

Biarkan saja
Dalam situasi yang sulit, terkadang munculah fikiran bahwa tidak akan ada jalan keluar untuk masalah yang sedang dihadapi. Tapi kenyataannya hidup tidak seperti itu. Jadi, jika memiliki fikiran seperti itu, cobalah untuk membiarkan sebentar masalah yang sedang dihadapi dan tenangkan fikiran sejenak agar dapat menemukan solusi yang terbaik.

Tarik nafas dalam
Cara sederhana ini dapat membantu menghilangkan rasa stres. tarik nafas dalam-dalam saat menghadapi masalah yang benar-benar sulit. Keluarkan semua fikiran-fikiran negatif saat menghembuskan nafas.

Konsumsi karbohidrat
Bila keadaan fisik merasa lemah, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat untuk menaikan mood. Mengkonsumsi zat tepung seperti roti gandum, kentang, sereal, jagung, dan lain-lain dapat membantu melepaskan serotonin, dan meningkatkan hormon bahagia untuk mengangkat suasana hati dan mengurangi stres.

Tetapkan tujuan kecil
Mengejar tujuan dan impian yang besar mungkin akan menguras tenaga dan merasa cemas dengan hasil yang dinanti. Jadi, jangan terlalu mengharapkan sesuatu yang besar jika efeknya hanya akan membuat kondisi fisik memburuk dan mengakibatkan stres.

Merenung
Ini merupakan cara paling baik untuk menenangkan diri dan menghindari stres. Luangkan sedikit waktu disetiap kesibukan untuk bermeditasi. Hal ini dapat menghilangkan fikiran-fikiran yang negatif. Lakukan cara ini di ruangan terbuka setiap pagi.

Berhenti mengharapkan suatu hal yang sempurna
Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Tetap tekuni kemampuan yang Anda bisa dan lakukan sebaik mungkin. Tapi ingat, jangan pernah berfikiran untuk menjadi yang sempurna. Jadi, berhentilah untuk menuntut diri agar menjadi yang paling sempurna.

Tidur nyenyak
Saat tidur, tubuh bisa terhindar dari rasa cemas dan stres. Dan pada saat tidur juga energi tubuh terisi kembali sehingga tubuh tetap fit untuk menjalankan aktifitas pada esok hari. Tidurlah secukupnya, dan tenangkan diri agar terhindar dari rasa stres.

Itulah 7 cara menenangkan diri dan menghindari stres. Jangan terlalu mengharapkan suatu hal yang sempurna jika hal itu hanya akan membuat kondisi fisik memburuk dan menyebabkan stres. Berfikirlah dengan rasional, dan sadar diri akan kemampuan yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan