Minggu, 20 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Beragam Manfaat Buah Namnam Untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Buah Namnam Untuk Kesehatan Tubuh

RANCAH POST – Apakah Anda mengenal buah namnam? Ya, buah namnam atau di wilayah Sunda sering disebut dengan nama pukih ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Buah namnam (Cynometra cauliflora) dapat tumbuh subur di negara Malaysia, India, dan tak terkecuali Indonesia. Mungkin ada dari kalian yang di sekitar rumahnya terdapat pohon namnam ini.

Jika kita melihat bentuk fisik dari buah namnam, bentuknya sedikit oval dan pipih. Buah ini umumnya memiliki warna coklat saat masih mentah dan hijau kekuningan saat sudah matang.

Rasanya yang asam dan sedikit manis ini tentu digemari banyak orang karena cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang panas.

Meski memiliki rasa yang asam, buah namnam ternyata memiliki sejuta khasiat yang luar biasa untuk kesehatan kita, salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu, masih ada banyak khasiat-khasiat lainnya yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Manfaat Buah Namnam

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa khasiat namnam untuk kesehatan tubuh.

Peningkat sistem kekebalan tubuh

Buah namnam menjadi salah satu makanan yang bisa menjadi peningkat sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut karena kandungan vitamin C yang ada didalamnya.

Menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik itu sangat penting, apalagi di tengah pandemi virus corona ini. Sistem imun yang lemah dapat membuat kita rentan terhadap infeksi virus atau bakteri.

Memperlancar pencernaan

Manfaat buah namnam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Namnam merupakan buah kaya serat seperti buah-buah yang lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, serat merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan tubuh kita. Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan feses.

Mencegah kencing batu

Kencing batu merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh beberapa orang. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kencing batu, salah satunya adalah kebiasaan menahan kencing.

Jika dibiarkan dan tidak segera mendapat penanganan, penyakit kencing batu bisa menjadi awal munculnya penyakit gagal ginjal.

Buah namnam memiliki khasiat untuk mencegah dan membantu mengobati Anda dari penyakit kencing batu, terutama bagian daunnya. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun namnam.

Cegah diare

Tidak hanya dapat mencegah kencing batu, buah namnam juga memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya masalah pencernaan, yakni diare.

Ketika sedang menderita diare, tentu dapat mengganggu aktivitas Anda karena harus bolak-balik ke toilet sepanjang waktu.

Supaya tidak lagi terjadi hal demikian, buah namnam bisa menjadi salah satu solusi solusi untuk mencegah diare.

Bantu atasi darah tinggi

Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi harus benar-benar menjaga pola makan dengan baik. Salah satu cara untuk membantu mengatasi darah tinggi adalah daun buah namnam.

Caranya bisa dengan meminum air rebusan daun buah namnam. Tak hanya itu, sebaiknya jaga juga asupan makanan yang dikonsumsi, jangan sampai sembarangan.

Melindungi kulit dari kerusakan

Manfaat buah namnam atau pukih tak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan.

Buah namnam mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas.

Radikal bebas bisa menempel di kolagen dalam kulit dan bisa membuat elastisitasnya berkurang.

Antioksidan yang terdapat di dalam buah namnam berfungsi mentralisir radikal bebas agar kulit terlindung dari kerusakan.

Bagaimana, luar biasa sekali bukan manfaat buah namnam untuk kesehatan dan kecantikan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,998FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan