Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Dampak Negatif Sering Menahan Pipis

Dampak Negatif Sering Menahan Pipis

Tanpa disadari, terlalu sering bahkan setiap hari menahan pipis ternyata punya beberapa dampak negatif, lho bagi kesehatan tubuh Anda.

Tak dapat dipungkiri lagi, kalau kebutuhan untuk buang air kecil memanglah suatu hal yang alami. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda perlu melakukannya dengan frekuensi tertentu, sehingga tubuh bisa mengeluarkan segala limbah produk yang sudah tak dibutuhkan lagi.

Akan tetapi, sebagian orang kerap kali mengabaikan keinginan untuk buang air kecil atau kencing karena keadaan tertentu yang tidak memungkinannya ke toilet.

Meski sering dianggap sepele, terlalu sering bahkan setiap hari menahan pipis dapat menimbulkan beberapa dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Belum tahu apa saja dampak-dampaknya? Di artikel kali ini kami telah menyiapkannya untuk Anda.

Dampak Negatif Menahan Pipis

Berikut ini beberapa dampak negatif apabila Anda sering kali menahan kencing.

Gagal ginjal

Penyebab munculnya penyakit gagal ginjal ternyata bisa dari kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan, yakni menahan buang air kecil.

Kondisi ini bisa disebabkan pada saat gijal gagal untuk menyaring racun, limbah dan mungkin hasil dari infeksi yang sebabkan oleh sering menahan buang air kecil.

Jika hal tersebut sudah terjadi, segeralah untuk periksakan ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut dan membuat fungsi ginjal kembali normal.

Kehilangan konsentrasi

Kehilangan konsentrasi dapat menjadi masalah yang berbahaya saat Anda sedang melakukan kegiatan tertentu, seperti sedang berkendara atau menggunakan alat berat.

Mengendarai motor atau mobil dengan kandung kemih yang penuh sama berbahaya dengan berkendara sembari mabuk.

Hal ini karena ketidaknyamanan yang terjadi pada kandung kemih dapat cukup parah untuk menghilangkan konsentrasi.

Kandung kemih meregang

Dampak negatif sering menahan pipis dapat juga kandung kemih Anda meregang. Kondisi tersebut mungkin akan membuat Anda sulit atau bahkan mungkin untuk kandung kemil berkontraksi dan buang air kencing dengan normal.

Disfungsi berkemih

Berdasarkan penelitian, sering menahan pipis dalam waktu yang lama bisa menyebabkan disfungi berkemih. Kondisi ini adalah hilangnya kontrol kandung kemih yang terjadi karena terlalu sering menekan kandung kemih dengan menahan buang kecil dalam waktu yang cukup lama.

Pada saat terlalu banyak terkanan, kandung kemih akan melebar. Hal tersebut bisa menyebabkan sfingter menjadi tak menentu dan tak bisa berfungsi dengan baik.

Infeksi saluran kemih

Dampak negatif menahan pipis dapat menimbulkan bahaya yang menyebabkan bakteri berkembang biak. Tentu saja, hal ini bisa menyeabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa menahan buang air kecil menyebabkan infeksi saluran kemih, namun para dokter menyarankan untuk tidak menahan kencing, apalagi jika mempunyai riwayat penyakit tersebut.

Timbul rasa nyeri saat kencing

Bagi Anda yang sering menganggap sepele dan mengabaikan keinginan untuk kencing kemungkinan merasakan sakit di kandung kamih atau ginjal.

Pada saat akhirnya sampai di toilet, buang air kecil akan terasa menyakitkan. Beberapa bagian otot juga dapat mengepal setelah buang air kecil yang bisa menyebabkan kram panggul.

Memicu perkembangan bakteri

Mereka yang sering menahan buang air kecil selama beberapa menit mungkin karena keadaan yang tidak memungkinkan mereka pergi ke toilet.

Beberapa lama menahan buang air kecil tergantung pada jumlah urine yang diproduksi. Terlepas dari hal ini, tergantung pada kondisi tubuh terhidrasi, fungsi cairan dan kandung kemih.

Akan tetapi pada umumnya seseorang yang sering menahan buang air kecil akan kehilangan kemampuan untuk mendetelsinya. Selama Anda menyimpan urine, kandung kemih bisa mengembangkan banyak bakteri.

Bakteri tersebutlah yang bisa menjadi penyebab infeksi dan menyebar ke area ginjal. Kondisi ini dapat memungkinankan menyebabkan kerusakan lebih besar pada tubuh Anda.

Agar tidak terjadi beberapa bahaya dari dampak negatif sering menahan pipis, segeralah untuk pergi ke toilet. Semoga bermanfaat teman-teman.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,680FansSuka
1,810PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan