Kamis, April 2, 2020

10 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh Untuk Cegah Virus Corona

Mengonsumsi makanan peningkat sistem imun tubuh sangat penting, apalagi di tengah wabah virus corona yang mulai menyebar di Indonesia.

Ada beberapa cara mencegah penularan virus corona (Covid-19) yang harus dilakukan agar penyebarannya tidak semakin meluas.

Di antaranya adalah dengan rutin mencuci tangan dengan bersih dan benar menggunakan sabun serta memastikan seluruh bagian tangan telah tercuci bersih.

Gunakan masker yang khusus digunakan untuk mencegah penularan Covid-19, yakni masker N95 dan masker bedah.

Bagi Anda yang suka traveling keliling dunia, mulai sekarang tunda dulu keinginan tersebut dan jangan berkunjung ke negara yang terjangkit.

Kemudian jaga daya tahan tubuh, karena dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Caranya, terapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Apalagi sekarang ini pasien yang tertular virus corona (Covid-19) di Indonesia mulai meningkat, beberapa upaya pencegahan tadi harus dilakukan.

Namun tidak dapat dipungkiri lagi, rasa cemas dan khawatir dari setiap warga yang takut terkena virus semakin tinggi.

Untuk itu, jaga pola makan dan konsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penularan virus corona.

Makanan Peningkat Sistem Imun

Apa saja makanan itu? Jika belum tahu, di artikel kali ini Rancah Post akan membahas mengenai makanan yang bisa membuat sistem imun meningkat.

Jahe

Rempah yang satu ini sering diolah menjadi minuman yang ampuh menghangatkan tubuh ketika musim dingin atau hujan tiba. Selain bikin tubuh hangat, jahe bisa menjadi salah satu makanan yang meningkatkan sistem imun tubuh.

Hal tersebut karena jahe mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

Kunyit

Makanan peningkat sistem imun tubuh selanjutnya adalah kunyit. Kunyit memang sudah dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang dapay mengobati osteoartritis, danartritis reumatoid.

Kunyit juga mengandung curcumin yang cukup tinggi, sehingga selain digunakan sebagai bumbu masak kunyit juga dapat melindungi usus besar dari kerusakan dan membuat pencernaan lebih sehat.

Madu

Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Rasanya yang manis sering membuat madu digemari banyak orang untuk dikonsumsi.

Kandungan antioksidan yang tinggi ternyata ampuh untuk mengobati batuk, menjaga tenggorokan agar tidak kering, dan membantu menghilangkan dahak.

Madu juga memiliki peran penting dalam menenangkan sistem saraf, mengontrol kadar kolesterol dalam darah hingga menjaga sistem imun tubuh.

Kacang panjang

Kacang panjang ternyata juga termasuk dalam makanan peningkat sistem imun. Kandungan antioksidan seperti beta-karoten, riboflavin dan vitamin C di dalamnya mampu menangkal radikal bebas sehingga berkhasiat untuk membuat sistem imun tetap kuat.

Sementara kandungan tiamin di dalamnya berperan untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat yang juga membantu dalam proses penyerapan nutrisi menjadi lebih baik.

Bayam

Bayam mengandung vitamin C, A, K, zat besi, asam folat, dan serat serta flavonoid yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi bayam bisa menjadi langkah Anda dalam upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan sel-sel jahatm dan membuat otak cerdas.

Bawang putih

Tak lengkap rasanya bila mengolah suatu masakan tanpa bawang putih. Ternyata selain bikin masakan makin lezat, bawang putih berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu kandungan lain seperti antioksidan, fosfor, seng, potassium dan kalsium yang ada di dalamnya mampu menguatkan sistem pernapasan dan menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Kiwi, jeruk dan lemon

Selain rempah dan sayuran tadi, makanan peningkat sistem imun tubuh adalah kiwi, jeruk dan lemon. Ketiga buah-buahan tersebut mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin C tersebut berguna sebagai penguat sistem kekebalan tubuh yang terbaik karena mampu menangkal radikal bebas, dan mencegah penyakit pernapasan.

Paprika merah

Paprika merah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Selain itu, paprika merah juga mengandung karoten yang baik untuk kesehatan.

Itu dia teman-teman, makanan-makanan peningkat sistem imun yang baik dikonsumsi untuk mencegah terserang penyakit atau virus seperti Covid-19. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,925FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,268PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan