Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Jarang Orang Tahu, Kulit Kentang Ternyata Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Jarang Orang Tahu, Kulit Kentang Ternyata Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

RANCAH POST – Siapa sangka, kulit kentang yang sering kita buang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Tapi jika manfaat kentang tentu sudah mengatahuinya bukan? Kentang menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Seperti kentang balado, perkedel kentang, donat kenang, dan dicampurkan bersama bahan-bahan lain dalam sup. Yummy, pastinya menggunggah selera kita untuk menyantapnya.

Namun, apakah mengetahui jika kulit kentang mempunyai beragam khasiat untuk tubuh kita? Jika tidak, kamu harus mengetahuinya.

Kulit kentang ternyata menyimpan beragam khasiat yang luar biasa. Tak kalah dari kentang, kulit kentang mengandung serat, vitamin, mineral, dan phytochemical, antioksidan yang baik untuk tubuh.

Namun sayang, karena masih ada sebagian yang belum mengetahuinya, kulit kentang pun malah berakhir di tempat sampah.

Dengan membuangnya, berarti kita juga membuat beragam khasiat yang terkandung di dalam kulit kentang.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beragam manfaat yang terdapat di dalam kulit kentang yang sayang untuk Anda lewatkan.

Manfaat Kulit Kentang

Dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit kentang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membuat tubuh terlindungi dari penyakit serta infeksi.

Quercetin merupakan salah satu flavonoid yang dapat temukan di dalam kulit kentang. Senyawa ini dikenal karena stimulasi sistem imunitas tubuh dan terbukti punya sifat antivirus yang bisa memperhambat pelepasan histamin.

Apa itu histamin? Ya, histamin merupakan zat kimia yang didapatkan dari sel-sel dalam tubuh saat mengalami reaksi infeksi atau alergi.

Bantu atasi anemia

Ternyata manfaat kulit kentang juga isa membantu mencegah kemungkinan seseorang mengalami kurang darah alias anemia.

Mengkonsumsi kulit kentang bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi bagi tubuh.

Tentu saja, kandungan zat besi yang ada di dalam kulit kentang ini bermanfaat untuk membantu menjaga kestabilan jumlah darah.

Baik untuk pencernaan

Kandungan serat yang banyak terdapat di dalam kulit kentang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kita.

Dengan begitu, masalah susah buang air besar (BAB) dapat sedikit teratasi karena pencernaan yang lancar.

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang ada di dalam kulit kentang juga memiliki khasiat untuk membantu meringankan divertikulitis, wasir, sindrom iritasi urus, dan lainnya.

Cegah kanker

Manfaat kulit kentang bagi kesehatan tubuh tidak hanya baik untuk pencernaan, namun juga bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Hal ini karena kulit kentang memiliki kandungan phytochemical yang memiliki efek antioksidan.

Tak hanya itu, kulit kentang juga mengandung asam klorogenik yang bisa mengikat karsinogen serta mencegah tubuh dari perkembangan kanker.

Jaga kesehatan tulang

Kulit kentang mengandung mineral tertentu yang bermanfaat penting untuk memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Nutrisi itu mencakup magnesium, fosfor, kalium, kalsium, besi, seng, dan tembaga. Menurut National Institutes of Health (NIH), sekitar 50-60% magnesium di tubuh ada di tulang.

Makan kulit kentang bisa membantu membuat kepadatan tulang terjaga serta meminimalisir risiko penyakit osteoporosis terhadap wanita usai mengalami masa menopause.

Baik untuk kesehatan ginjal

Kulit kentang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ ginjal dengan kandungan kalium yang ada di dalamnya.

Kalium tentunya baik untuk menjaga organ ginjal, sistem saraf, jantung, serta otot tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda ingin makan kentang dengan kulitnya ternyata dapat membantu memenuhi asupan kalium harian yang dibutuhkan tubuh.

Wah, memang luar biasa sekali manfaat kulit kentang untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan